Angkasa Pura 2

2019, Kemenhub Janjikan Mudik Gratis yang Lebih Besar dan Memuaskan

Dermaga KoridorRabu, 20 Juni 2018
WhatsApp Image 2018-06-20 at 11.40.13

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berjanji akan menambah kapasitas dan kualitas mudik gratis baik penumpang atau sepeda motor dengan lebih baik lagi pada masa Lebaran tahun 2019 mendatang.

Dikatakan, untuk kapasitas program mudik gratis tahun depan direncanakan akan ditingkatkan hingga 3 kali lipat dari jumlah tahun 2018 ini. Dengan begitu bisa mengangkut dan melayani pemudik yang lebih banyak.

“Selain itu, Kementerian Perhubungan juga akan memaksimalkan sosialiasi program ini sebaik mungkin,” tukas Menhub lagi.

“Saya akan upayakan 3 kali lipat, jadi kalau bisa kuota jadi 100.000. Cuma nanti akan diliat ketersediaan kapalnya. Keluhan dari para pemudik tadi adalah sosialisasi belum maksimal.”

Program mudim gratis untuk penumpang dan sepeda motor dengan kapal laut diharapkan bisa mengurangi beban dan kepadatan di jalan raya. Dan yang lebih penting lagi, adalah menekan angka kecelakaan di jalan raya dan korban yang ditimbulkan.

“Tapi kalau sekarang kita sudah punya modal 25 ribu itu lebih mudah meningkatkan menjadi 50 ribu. Data basenya kita ada semua, kita bisa sampaikan kepada mereka dan jadi bisa lebih banyak,” tambah Menhub Budi.

Program mudik gratis yang diselenggrakan baik untuk penumpang atau sepeda motor diharapkan dapat menjadi suatu moda baru untuk menyelesaikan masalah kepadatan volume kendaraan pada arus mudik dan arus balik angkutan lebaran tahun ini.

“Tahun ini paling tidak ada 30 ribu pemudik dan ada 15 ribu motor yang berpindah ke mudik gratis. Dan progran ini bisa menjadi suatu moda baru untuk menyelesaikan masalah,” tutup Menhub.(helmi)