Angkasa Pura 2

Alhamdulillah, kata Dirjen Agus Arus Mudik dan Balik Transportasi Udara Lancar, Selamat, dan Aman

Bandara KokpitKamis, 21 Juni 2018
IMG_20180428_184026

SOLO (BeritaTrans.com) – Melaksanakan inspeksi di dua bandara yakni Yogyakarta dan Solo serta membaca laporan dari seluruh bandara, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso bersyukur bila arus mudik dan balik dengan transportasi udara berjalan lancar, selamat, dan aman.

Selama inspeksi, Agus mengunjungi beberapa tempat di terminal bandara baik air side maupun land side dan berbincang dengan beberapa petugas serta penumpang yang sedang menunggu penerbangannya dan datang dari luar kota.

“Secara marathon saya mengunjungi dua bandara untuk memastikan pelayanan penerbangannya berlangsung dengan selamat, aman dan nyaman. Bandara di Solo dan Yogya, bersama dengan bandara di Semarang dan Surabaya adalah bandara yang tersibuk untuk kedatangan arus mudik dan melayani arus balik. Alhamdulillah, seperti juga di Jogja, kondisi arus balik di Bandara Solo ini juga lancar, aman dan terkendali, sungguhpun penumpang relatif banyak,” ujar Agus di Solo (21/6/2018).

Agus memaparkan bahwa di Bandara Solo ini walaupun penumpangnya membludak tapi relatif lancar karena penerbangannya tersedia dengan baik, fasilitas terminalnya bagus dan keamanannya terjaga. Parking stand untuk pesawat sudah ditambah dari 10 menjadi 15 untuk pesawat narrow body sekelas B737 dan A320. Juga disediakan tempat parkir mobil tambahan. Selain itu, arus keluar-masuk penumpang juga diubah sehingga lebih efisien.

“Saya melihat aturan selama Lebaran yang kami tetapkan sudah diimplementasikan dalam standar prosedur operasi dan dilaksanakan dengan baik. Sehingga mulai dari arus mudik hingga puncak arus balik hari ini semua penerbangannya berjalan dengan selamat, aman dan nyaman,” lanjutnya.

Dari laporan GM AirNav untuk Bandara Adi Sumarmo, selama mudik dan balik Lebaran tahun ini, tiap hari terdapat antara 76-81 penerbangan datang dan pergi. Meningkat dari hari biasa yang ada 66 penerbangan datang dan pergi.

Selama puncak mudik Lebaran yaitu pada hari H-2, terdapat 7511 penumpang yang dilayani di bandara ini. Sedangkan pada puncak arus balik pertama pada H+3, terdapat 7610 penumpang yang dilayani. Diprediksi akan ada puncak arus balik kedua yang akan terjadi pada hari Minggu (24/6/2018).

Rute gemuk selama Lebaran dari dan ke Solo berasal dari Jakarta, Palangkaraya, Palembang, dan Bali.

Agus selaku pemegang kendali tertinggi regulator penerbangan berterimakasih kepada seluruh penumpang pesawat terbang dan seluruh operator penerbangan atas kerjasama guyub rukun sehingga bisa tercipta kondisi penerbangan yang selamat, aman, nyaman dan lancar. (omy)