Angkasa Pura 2

DPMPTSP DKI Jakarta Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik KemenPAN-RB

Another News KoridorSenin, 25 Juni 2018
images-16

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta masuk dalam jajaran Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 Versi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Debgan judul proposal inovasi pelayanan publik “PTSP Goes to Mall, Sinergi Pemerintah, Swasta, dan Masyarakat.”

Penetapan ini secara resmi diumumkan dalam website sinovik.menpan.go.id dengan sebelumnya termaktub dalam Pengumuman Tim Panel Independen Nomor 001/TPI.06/2018 tanggal 8 Juni 2018.

“DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta kembali menuai prestasi dengan masuk dalam jajaran Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 dari KemenPAN-RB atas inovasi layanan PTSP Goes to Mall yang terselenggara dengan baik, berkat sinergi yang terjalin antara pemerintah, pihak swasta dan masyarakat,” ungkap Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi di Jakarta, Senin, (25/6/2018).

Dia menambahkan, tatanan baru Warga Ibu Kota dihadapkan pada tantangan global yang dipicu oleh kemajuan di bidang ilmu pengetahuan, informasi, komunikasi, transportasi, investasi dan perdagangan. Akan tetapi, keterbatasan waktu warga Jakarta dalam mengakses pelayanan publik menjadi tantangan tesendiri bagi pemerintah dalam menghadirkan pelayanan di tengah masyarakat.

Berangkat dari masalah tersebut, Edy mengungkapkan pihaknya mengambil langkah inovatif “PTSP Goes To Mall” untuk semakin memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat sehingga mereka tidak enggan mengurus keperluan administrasi perizinan dan non perizinan.

“PTSP Goes to Mall, merupakan salah satu program inovasi yang diselenggarakan oleh DPMPTSP dalam rangka percepatan pelayanan dan memberikan kemudahan masyarakat dalam mengurus perizinan dan non perizinan.”

“Kami memahami bahwa warga Ibu Kota mayoritas memiliki kesibukan yang padat di hari kerja sehingga mungkin tidak sempat datang ke kantor PTSP. Untuk itu, kami hadir di pusat- pusat perbelanjaan pada hari kerja dan juga di akhir pekan,” terang Edy.

Adapun alasan yang melandasi pemilihan Mall sebagai lokasi penyelenggaraan program ini adalah karena Mall merupakan tempat aktivitas ekonomi dan bisnis yang tinggi. Beragam produk untuk memenuhi kebutuhan hidup bahkan sarana hiburan dapat dengan mudahnya kita jumpai di Mall.

“Selain berbelanja dan mencari hiburan pengunjung juga mendapatkan pelayanan prima dari DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, antara lain: pengurusan perizinan dan non perizinan secara langsung bagi pemohon yang sudah membawa berkas persyaratan yang dibutuhkan, konsultasi mengenai perizinan dan non perizinan baik pengenalan produk izin/ non izin, prosedur pengajuan izin/ non izin, hingga melakukan pengaduan yang dapat direspon dan ditindaklanjuti oleh pejabat yang berwenang,” tandas Edy.(helmi)