Angkasa Pura 2

Kemenhub Segera Tertibkan Truk Overload di Jalan Raya

Koridor OtomotifSenin, 25 Juni 2018
IMG-20180625-WA0015

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi memberikan catatan untuk pembenahan angkutan barang. Masih banyak truk angkutan berat yang melanggar batas muatan serta dimensi atau ukurannya melaju di jalan raya. Mereka itu yang menjadi biang masalah, bai kemacetan atau kerusakan jalan.

“Akibatnya, laju kendaraan menjadi rendah bahkan memicu kemacetan. Selaon itu, tingkat kerusakan jalan yang parah,” kata Menhub di Jakarta, Senin (25/6/2018).

Untuk itu, papar Menhub, pihaknya berencana akan menertibkan truk-truk yang over capacity maupun over dimensi. Aksi ini segera dilakukan dan ditargetkan selesai sebalum akhir tahun 2018 ini.

“Dalam catatan kami angkutan truk ini mungkin hampir 90% itu overloaded atau over kapasitas oleh karenanya kami akan melakukan suatu uji coba di jalan tol terutama di Jakarta-bekasi kami sudah koordinasi dengan Kepolisian akan kita lakukan sosialisasi,” ucap Menhub lagi.

Dengan adanya rencana penertiban truk overload ini, Menhub berharap kecepatan truk dapat meningkat, kemacetan lalu lintas berkurang disamping pula usia jalan-jalan akan dapat lebih lama.

“Jika ini berhasil Menhub menyebut angkutan barang tidak perlu berhenti beroperasi pada masa angkutan Lebaran,” sebut Menhub didampingu Dirjen Hubdat Budi Setiyadi itu.

Kecepatan Rata-Rata 72 Km/ Jam

Sebelumnya Menhub Budi Karya mengatakan penyenggaraan mudik tahun ini berjalan lancar. Hal tersebut tercermin dengan meningkatnya kecepatan kendaraan di jalan yang meningkat sebesar 9%.

“Kecepatan perjalanan rata-rata arus mudik tahun 2018 sebesar 72 km/jam, meningkat sebesar 9% terhadap kecepatan rata-rata pada Tahun 2017 yaitu sebesar 66 km/jam,” terang mantan Dirut AP II itu.

“Sedangkan kecepatan rata-rata pada arus balik tahun 2018 sebesar 79 km/jam, meningkat sebesar 22% terhadap kecepatan rata-rata pada tahun 2017 sebesar 64 km/jam,” pungkas Menhub.(helmi)