Angkasa Pura 2

Ramp Check dan Kesadaran Masyarakat Ikut Mudik Gratis Berkontribusi Tingkatkan Keselamatan

KoridorSelasa, 26 Juni 2018
Menhub Ramp check1

Menhub ramp check

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi sarankan moda transportasi darat dan kereta api,  agar antisipasi terhadap keselamatan penumpang. Rampcheck dan kesadaran masyarakat ikut mudik gratis berkontribusi besar ikut tingkatkan keselamatan khususnya selama arus mudik dan balik Lebaran 2018.

“Pada moda kereta api apabila terjadi kesalahan akan fatal. Begitu pula dengan moda transportasi darat yang juga begitu masif jangan lupa lakukan rampcheck dan kurangi penggunaan sepeda motor untuk mudik,”  kata Menhub Budi Karya di Jakarta, kemarin.

“Alhamdulilah kecelakaan selama angkutan Lebaran  turun hingga 70 persen dan ada kesadaran masyarakat untuk meninggalkan sepeda motor dan ikut mudik gratis,” imbuh Menhub.

Menhub berpesan bahwa unsur keselamatan tidak ada kompromi. Sarana dan prasarana harus disiapkan dengan baik dalam segala moda transportasi.

Evaluasi Berbagai Aspek

Menhub ingin seluruh stakeholder pada moda transportasi darat, laut, udara dan kereta api dapat melakukan diskusi, pengamatan, dan evaluasi untuk meningkatkan berbagai aspek.

“Saya minta semua moda untuk melakukan sesi-sesi diskusi, pengamatan, evaluasi untuk perbaikan. Di samping itu, saya juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi seluruh stakeholder dalam mudik kali ini,” tutur Menhub.

“Keselamatan tidak ada kompromi. Nantinya, bus akan kita tingkatkan, kapal ferry yang menghubungkan antar wilayah perhatikan jumlah penumpang. Saarananya harus layak, prasarana dipersiapkan dengan baik, lakukan pengujian berkala dengan baik, mengatur tata laksana proses penyeberangan,” tutup Menhub.(helmi)