Angkasa Pura 2

Pipa BBM Bocor di Area Pelabuhan Makassar, Alhamdulillah Berhasil Diatasi Tim Respon Cepat Kemenhub

DermagaRabu, 27 Juni 2018
IMG-20180627-WA0015

MAKASSAR (BeritaTrans.com) – Kebocoran pipa saluran Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina di area Pelabuhan Makassar terjadi pagi tadi (27/6/2018).

Alhamdulillah segera ditangani dan berhasil diatasi Quick Response Team (QRT) kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Mereka terdiri dari petugas Syahbandar Makassar dan Otoritas Pelabuhan Utama Makassar.

“Sehingga kebocoran tersebut tidak meluas dan berdampak buruk untuk lingkungan maritim dan lingkungan sekitar,” jelas Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi.

Kejadian kebocoran tersebut terpatnya terjadi di dermaga Hassanudin Pelabuhan Makassar yang mengakibatkan minyak solar (HSD) tumpah dan mengalir melalui saluran pembuangan ke perairan kolam terminal Hassanudin.

Mengetahui adanya kejadian tersebut, Junaidi menjelaskan bahwa petugas Otoritas Pelabuhan Makassar segera menyampaikan informasi kebocoran tersebut kepada petugas Pertamina dan langsung mengambil tindakan menghentikan kebocoran pipa dengan menutup kran pipa yang bocor.

“Syahbandar Makassar dan OP Makassar, serta petugas Pertamina segera melakukan penanggulangan tumpahan minyak di kolam Terminal Hassanudin dengan memasang oil bom dan menyebar absorbent serta menyemprot dispersant film lapisan minyak,” urainya.

Syahbandar Makassar bertindak selaku Mission Coordinator (Tier 1) dalam operasi penanggulangan tumpahan minyak itu. Mengerahkan tiga kapal patroli KPLP kelas III dan kelas V yaitu KNP. 305, KNP. 350 dan KNP. 512 untuk membantu percepatan penanganan tumpahan minyak tersebut.

Berkat quick response penanganan tumpahan minyak maka tumpahan tersebut sudah teratasi. Namun demikian, petugas Pertamina masih melaksanakan pengambilan sorbent dari perairan dan menyemprot film minyak dengan dispersant. (omy)