Angkasa Pura 2

Sambut 170 Ribu Wisman Saat Asian Games, Ini yang Dilakukan BPTJ

Destinasi KoridorRabu, 27 Juni 2018
GBK1_549 x 296px

Bus TransJakarta

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memperkirakan akan ada 170 ribu wisatawan  mancanegara (wisman) diperkirakangakan datang ke Jakarta dan Palembang untuk menyaksikan event olahraga terbesar negara-negara Asia (Asian Games) 18th nanti.

Mereka akan mengunjungi Gelora Bung Karno (GBK) sebagai pusat perhelatan Asian Games 18th dan tempat pertandingan lainnya. Selain itu diperkirakan akan berkunjung ke berbagai objek wisata unggulan di Ibukota Jakarta dan sekitarnya.

“Penyediaan angkutan umum untuk atlet dan official sudah selesai. Ini untuk penonton untuk supporter dan masyarakat yang terkena akibat ganjil genap juga disiapkan oleh Pemerintah,” ujar Kepala BPTJ  Bambang Prihartono, Jakarta, kemarin.

Jumlah 170 ribu wisman merupakan angka prediksi yang disusun dan disepakati bersama para pihak.  Para anggota delegasi selain bertanding juga akan bertandang ke berbagai objek wisata di Jakarta.

Mereka itu meliputi, atlet  dan official anggota delegasi Asian Games. Kemudian suppporter, penggembira dan anggot masyarakat lain yang ingin menyaksikan event oleh raga bangsa-bangsa di Asia itu.

Konsekuensinya, lanjur Bambang Pri, BPTJ bersama pihak terkait termasuk operator transportasi  akan menyiapkan transportasi umum khususnta saat event Asian Games berlangsung.

Dinas Pariwisata DKI Jakarta, menurut Bambang Pri sudah menyiapkan paket wisata yang akan ditawarkab pada para atlet dan wisatawan yang datang ke Jakarta nanti.

“Mereka harus dijamu dan dilayani serta disiapkan paket-paket wisata menarik di Jakarta. Mulai wisata belanja, wisata religi,  sejarah dan lainnya ada di Jakarta,” aku orang nomor satu di BPTJ itu.

Jadwal kunjungan, waktu dan lokasinya sudah  disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta khususnya  Dinas Pariwisata. “Kita harus bersinergi, menawarkan dan melayani wisman yang masuk Jakarta dengan sebail-baiknya,” papar Bambang Pri.

Siapkan 641 Bus

Setidaknya  ada 641 unit bus disiapkan BPTJ bersama pihak terkait untuk memfasilitasi masyarakat umum dan wisatawan mancanegara saat perhelatan Asian Games 18th di Jakarta nanti.

Bus-bus tersebut nantinya akan digunakan untuk angkutan umum ke lokasi pertandingan maupun non pertandingan selama perhelatan olah raga terbesar di Asia tersebut.

“Adapun rinciannya adalah tambahan 76 unit bus Transjakarta dari 294 unit yang sudah ada. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan. 57 unit bus yang dikhususkan untuk mengangkut masyarakat dari Hotel menuju Venue-Venue pertandingan,” tukas  Bambang Pri.

Tak hanya itu,  lanjutnya pihak BPTJ bersama operator  juga menyiapkan 204 bus khsusus untuk wilayah-wilayah yang terdampak perluasan kebijakan ganjil gelap.

Dan terakhir pihaknya menyiapkan tambahan  10 unit bus untuk keperluan non pertandingan alias wisata.(helmi)