Angkasa Pura 2

Laka Lantas Turun, Kemenhub Apresiasi Kesadaran Masyarakat Ikut Mudik Gratis

KoridorKamis, 28 Juni 2018
Ahmad Yanii

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktur Pembinaan Keselamatan (Dirbinkes) Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Ahmad Yani, ATD, MT mengapresiasi kesadaran pada aspek keselamatan khususnya di jalan raya. Masyarakat banyak ikut mudik gratis dibandingkan naik sepeda motor saat mudik dan balik Lebaran 2018.

Implikasinya bagus, jumlah kecelakaan lalu lintas (laka lantas) dan korban jiwa yang ditimbulkan selama mudik Lebaran 2018 turun cukup signifikan. Selain itu, beban dan kepadatan di jalan raya juga berkurang.

“Penumpang mudik gratis naik 63,25%, dan pemudik sepeda motor gratis yang ikut naik 42,74%,” kata Ahmad Yani menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, kemarin.

Sementara, menurut data Korlantas Polri jumlah kecelakaan di jalan raya turun sekitar 30% dan korban yang meninggal dunia turun sekitar 34%.

Disebutkan, jumlah pemudik gratis untuk sepeda motor turun dari realisiasi Lebaran 2017 sebesar 1.658.407 menjadi 1.297.617 unit tahun 2018. Mereka itu naik truk, kapal laut dan kereta api ke berbagai kota di Indonesia.

“Peningkatan mudk gratis untuk penumpang dan sepeda motor selama mudik Lebaran 2018 berdampak cukup signifikan pada penurunan angka kecelakaan di jalan raya,” tukas Yani.

Yani menambahkan, masyarakat mulai sadar akan keselamatan, dan mereka memilih ikut progra mudik gratis dibandingkan naiik sepeda motor sampai kampung halaman

Upaya Mengatasi Kemacetan

Melihat realisasi mudik dan balik Lebaran 2018, Ahmad Yani mengakui masih ada beberapa ttik kepadatan bahkan kemacetan di beberapa ruas jalan arteri, bahkan diruas tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan tol Cipali.

Darai hasil evaluasi Tim Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menurut Yani, memberikan beberapa rekomendasi terkait perbaikan arus mudik dan balik Lebaran di masa mendatang.

Pada saat terjadi kemacetan, menurut Yani, perlu dilakukan contraflow namun tak perlu one way, karena justru akan menimbulkan permasalahan pada jalur arteri.

Menurut Yani, perlunya informasi pemberlakuan contraflow/ one way kepada pengguna jalan termasuk waktu pelakanaan, sehingga masyarakat dapat mengantisipasi.

Penambahan rest area fungsional selama Lebaran untuk mengurangi kepadatan di rest area.

Selanjutnya, perlu meningkatkan kedisiplinan masyarakat terkait kebijakan lalu lintas.

“Pelaksanaan mudik gratis, terutama untuk sepeda motor perlu ditingkatkan dan sosialisasi karena terbukti dapat menurnkan angka kecelakaan di jalan raya,” tandas Ahmad Yani.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari