Angkasa Pura 2

Bisnis Pemadu Moda ke Bandara Soetta Yang Makin Menggiurkan

Bandara KoridorFriday, 29 June 2018

Bus PPD Ja-Connexion

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Trayek pemadu moda khususnya tujuan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) kini menjadi magnet tersendiri bagi perusahaan otobus (PO) di Tanah Air, khususnya Jabodetabek.

Dengan makin tingginya penumpang angkutan udara khususnya di Bandara Soetta, membuat bisnis angkutan pemadu moda tujuan bandara terbesar di Indonesia itu makin menggiurkan.

Kini, persaingan bisnis angkutan ke Bandara Soetta makin bertambah berat. KA Bandara Soetta, bahkan melayani sampai ke Bekasi, Jawa Barat. Anak usaha patungan AP II dan KAI itu hadir dengan layanan baru dengan segala kelebihannya.

Selama ini, banyak PO yang melayani angkutan khusus Bandara Soetta, Tangerang, Banten. Sebut saja Perum DAMRI, Perum PPD yang main eksis dan diminati pengguna jasanya.

Sementara, masih ada PO swasta yang juga melayani rute Bandara Soetta, seperti PO Sinar Jaya, PO Agra Mas, PO Primajasa, Blue Bird selain taksi dan angkutan online yang makin banyak melayani angkutan dari dan menuju Bandara Soetta.

Di era persaingan bebas bahkan era digital saat ini, hampir tak mungkin menafikan persaingan. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Dunas Perhubungans erta manajemen PT Angkasa Oura (AP) II juga harus memfasilitasi dan berlaku adil agar setiap pelaku usaha bisa masuk dan berusaha di Bandara Soetta dengan baik dan benar.

Para pelaku usaha, khususnya PO angkutan khusus Bandara Soetta juga harus bersikap positif dan menghadaou persaingan ini dengan baik dan benar. Semua pelaku usaha mempunyai peluang yang sama untuk berusaha dan mengangkut penumpang daeri dan menuju Bandara Soetta.

Meski harus diakui, ada syarat-syarat dan ketentuan tertentu meski dipenuhi para pelaku usaha yang bersangkutan. Semua PO mempunyai peluang yang sama. Namun, mereka harus memenuhi syarat sekaligus mempunyau strategi jitu jika ingin eksis dan memenangkan persaingan.

Bersaing di Sektor Pelayanan

Sekretaris Perusahaan (Sekper) Perum DAMRI Arifin Hasan mengaku, pihaknya tetap optimis bisnis jasa pemadu moda ke Bandara Soetta akan tetap menggiurkan. Hal ini bukan hanya dirasakan DAMRI, tapi juga PO lain yang melayani rute yang sama.

“Makin banyak penumpang angkutan udara di Bandara Soetta, jasa angkutan pemadu moda akan terap terbuka. Di segmen ini DAMRI akan bermain,” katanya menjawab BeritaTrans.com, di Jakarta kemarin.

Tantangan bagi DAMRI ke depan, menurut Arifin, bagaimana kita meningkatkan pelayanan, kenyamanan dan keselamatan kepada penumpang. “Jika kita bisa melayani penumpang dengan baik, kita yakin mereka akan berpaling ke lain hati,” aku Arifin.

Sebelumnya, Manager Humas Perum PPD Desy Puspitasari juga mengaku optimis melayani jasa angkutan khusus Bandara Soetta. “Meski Perum PPD pemain baru di angkutan khusus Bandara Soetta, tapi peluang untuk meraih pangsa pasar itu terbuka luas,” katanya serius.

Dari beberapa rute angkutan Bandara Soetta yang dilayani PPd, aku Desy, load factornya makin baik dan menjanjikan. Sebut saja trayek Kelapa Gading-Bandara Soetta, Mall Taman Anggrek-Bandara Soetta dan lainnya.

“Untuk angkutan Bandara Soetta, pihak PPD bekerja sama dengan mall dan hotel di Jakarta dan sekitarnya. Jadi. segmen pasar yang dibidik jelas, yaitu wisatawan lokal atau asing serta masyarakat umum yang akan ke bandara langsung dari sentra bisnis yang ada,” tandas Desy.(helmi)