Angkasa Pura 2

Jelang Asian Para Games 2018 di Jakarta, PPD Siapkan 150 Bus untuk Atlet Berkebutuhan Khusus

Koridor OtomotifJumat, 29 Juni 2018
IMG-20180629-WA0052

IMG-20180629-WA0031

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Perum PPD juga menyediakan bus untuk khusus Asian Para Games. Event oleh raga untuk para penyandang cacat atau berkebutuhan khusus itu akan  digelar di Jakarta, Oktober 2018 mendatang.

Dalam bus khusus Asian Para Games dimodifikasi khusus untuk para difabel. Busmya sudah dimodifikasi, joknya dilepas dan disiapkan untuk menampung penumpang dengan kursi roda. Totalnya ada 150 bus akan disiapkan Perum PPD.

“Yang buat Para Games,, kita yang sediakan bus yang sudah kita rombak. Kursinya kita keluarkan semua kita ganti dengan kursi roda. Itu bus sudah di Kemayoran sedang diuji coba,” kata Dirut Perum PPD, Putu Pance Yasa di kepada wartawan di Kantor Perum PPD, Jakarta Timur, Jumat (29/6/2018).

“Kemarin yang Asian Para Games sudah minta branding, yang Asian Games belum ada informasi. Tapi kita siap saja kalau kita perintahkan branding kita siapkan,” imbuh Putu.

Untuk kebutuhan Para Games 2018,  BPTJ meminta  PPD menyiapkan 150 unit bus. Bus tersebut akan disiapkan untuk transportasi atlet Para Games dan official dari negara peserta selama bertanding di Jakarta.

“Bus tersebut harus dimodifikasi dan disiapkan ramah dengan para atlet berkebutuhan khusus.  Manajemen PPD menyiapkan  semua itu di Unit Bisnis Perawatan PPD di Ciputat, Tangerang, Selatan,” jelas Putu.

IMG-20180629-WA0030

Modifikasi Bus Para Games

Sementara,  Senior Manager Operasi Perum PPD Arief Praptanto menambahkan, pihaknya tengah mempersiapkan bus khusus untuk atlet Para Games. Pihak panitia membutuhan sedikitnya 150 unit bus khusus dari PPD.

“Kita sudah siap lima unit bus yang stand by di Kemayoran. Bus untuk atlet berkebutuhan khusus itu sekaligus digunakan untuk uji coba,” kata Arief.

Selebihnya masih dalam proses modufikasi di UPBU Ciputat, Tangsel. Bus tersebut dilepas dan dukeluarkan joknya dan disiapkan untuk mengangkut atlet dengan kursi roda dan alat-alat olah raga yang dibutuhkan.

Bus tersebut menurut Arief, dilengkapu safety belt, pegangan dan ewm untuk kursi roda. “Jadi, nanti satu bus mampu mebgakut sembilan atlet dengan kursi roda dan alat ilah raganya. Selain itu juga dilengkapi tangga khusus fasilitas untuk kurai roda,” papar Arief.

Pihak PPD, tambah dia, terus mengerjakan modifikasi untuk atlet Asian Para Games ini. “Sebelum hari H pelaksanaan, semua bus sudah siap untuk mengangkut atlet dan official Para Games,” tandas Arif.(helmi)