Angkasa Pura 2

Indonesia Tawarkan Inisiatif Baru dalam Kerjasama ASEAN-Jepang di STOM ke-16

Bandara Emplasemen KoridorSabtu, 30 Juni 2018
fa6d1f63-8b84-43a9-add5-72200568935d

JEPANG (beritatrans.com) – Pemerintah Indonesia berinisiatif menawarkan beberapa inisiatif baru kerjasama ASEAN-Japan Transport Partnership (AJTP) dalam rencana kerja tahun 2017-2018 dalam pertemuan ke-16 ASEAN-Japan Senior Transport Official Meeting (STOM) Leaders Conference yang dilaksanakan di Ishe Shima, Mie Perfecture, Jepang pada tanggal 26-28 Juni 2018.

“Kami mengambil peran dalam penawaran inisiatif baru, masih dalam satu konteks kerjasama AJTP, namun akan bekerja sama dalam beberapa hal lain seperti Aviation Security Project, Road Traffic Safety dan Applying Mobile Data for Transport Planning,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono melalui keterangan resmi yang diterima beritatrans.com dan aksi.id di Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

Djoko mengatakan, inisiatif kerjasama baru tersebut rencananya akan disahkan pada Pertemuan ke-16 Menteri Transportasi ASEAN – Jepang, November 2018 di Bangkok, Thailand.

Pada kesempatan tersebut, Djoko juga berkesempatan menyampaikan keberhasilan Kementerian Perhubungan dalam penurunan angka kecelakaan sektor Transportasi Darat dalam masa angkutan lebaran 2018 dan juga menyampaikan bahwa Indonesia saat ini tengah mengembangkan pola investasi khususnya sektor transportasi dalam kerangka Public Private Partnership (PPP).

ASEAN-Japan STOM Leaders Conference merupakan pertemuan pejabat transportasi setingkat eselon I atau Sekretaris Jenderal Negara-Negara ASEAN dengan Jepang yang secara regular diselenggarakan setiap tahun di Jepang dan dihadiri Negara-Negara Anggota ASEAN, Pemerintah Jepang dan ASEAN Secretariat.(aliy)