Angkasa Pura 2

DAMRI Siapkan 131 Bus Untuk Angkutan Jamaah Haji 2018

Bandara KoridorSenin, 9 Juli 2018
damri haji

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Perum DAMRI telah membentuk Tim Satgas Angkutan Jamaah Haji tahun 2018/ 1439 H.  Untuk yang kesekalian kalinya, Perum DAMRI dipercaya mengangkut jamaah haji saat pemberangkatan dan pemulangan mendatang. Totalnya ada 335.110 jamaah haji tahun 2018 yang akan dilayani DAMRI dari berbagai embarkasi haji di Tanah Air.

BUMN transportasi darat itu bekerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia, Tbk dengan Saudi Arabia Arilines melalui mitra lokanya PT Ayuberga untuk mengangkut jamaah haji dari Embarkasi haji ke Bandara pada phase I dan sebaliknya dari bandara ke Embarkasi Haji, di berbagai daerah di Indonesia.

Tim Satgas Angkutan Jamaah Haji ditetapkan melalui SK Dirut DAMRI No.443/AA.201/DAMRI, tertanggal 5 Juli 2018. Dalam salinanna yang diterima BeritaTrans.com menyebutkan, total jamaah haji yang akan dilayani DAMRI mencapai 11 embarkaksi, mulai dari Banda Aceh di barat sampai Makassar dan Lombok di timur Indonesia dengan jumlah jamaah mencapai 335.110 orang.

Untuk mengangkut jamaah haji Indonesia tersebut, DAMRI menyiapkan sebamyak 131 bus untuk angkutan penumpang dan 27 truk boks untuk angkutan barang bawaan dan keperluan jamaah.

Kendaraan tersebut, sudah harus ada di embarkasi lima jam sebekum berangkat. Sedang penerbangan jamaah jai akan dimulai 17 Juli-25 Agustus 2018 untuk phase I dan akan berakhir pada phase II pada 25 September 2018.

Sesuai rencana, maskapai Saudi Arabia Airlines akan mengakut 174.272 jamaah, berasal dari tiga embarkasi yaitu palembang, Jakarta (Ponodok Gede dan Bekasi) serta Surabaya.  Para jamaah tersebut akan diangkut dengan bus DAMRI mulai dari embarkasi ke bandara dan sebaliknya nanti.

Sementara, Garuda Indonesia akan mengakut 160.828 jamaah, yang berasal dari enam embarkasi, masing-masing  Banda Aceh (Bandara Sultan Iskandar Muda), Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta), Solo (Bandara Adi Sumarmno,  Banjarmasin (Bandara Syamsudin Noor), Makassar (Bandara Sutan Hassanudin) dan Mataram (Bandara Lombok).

Optimis Lebih Baik

Untuk mengantisipasi masalah yang terjadi di lapangan, pihak DAMRI menyiapkan armada terbaiknya, lengkap dengan pramudi, asisten pramudi dan teknisi andalan. Jika dalam kondisi darurat, pimpinan DAMRI setempat bisa bekerja sama dengan cabang terdekat untuk mengerahkan bus atau truk sesusi kebutuhan.

Sekretaris Perusahaan Perum DAMRI Arifin Hasan yang dihubungi BeritaTrans.com membenarkan, pihaknya sudah mempersiapkan angkutan darat para jamaah haji tahun 2018.

“DAMRI siap mengangkut jamaah haji dari embarkasi ke bandara, dan sebaliknya menjemput mereka dari bandara menuju embarkasi saat periode pemulangan nanti,” kata Arifin.

Berdasarkan pengalaman selama ini, lanjut dia, manajemen DAMRI sudah komit memberikan pelayanan terbaik. Paling tidak sama dengan tahun lalu, tapi kita optimis akan lebih baik lagi.

“Berbekal pengalaan selama ini, didukung armada bus serta SDM yang baik, manajemen DAMRI optimis mampu melayani para tamu Allah Swt dengan sebaik mungkin,” tegas Arifin.(helmi)

Foto: dok, ilustrasi