Angkasa Pura 2

DPP Organda Dukung Penertiban Truk ODOL

Koridor OtomotifSenin, 9 Juli 2018
IMG-20180709-WA0013

Truk Dilarang Operasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ketum  DPP Organda Andre Djokosoetono  menyambut baik  penertiban kendaran bermuatan Over Dimension Over Loading (ODOL) yang akan dilakukan Kementerian Perhubungan.

Organda berharap kepada semua truk untuk menaati peraturan itu dan selalu memperhatikan muatan di dalam truk masing-masing. jangan sampai para pengusaha truk atau awak truknya menjadi korban karena ketidaktahuan ini.

“DPP Organda  mengimbau kepada semua pengusaha truk supaya memperhatikan muatan di dalam truknya masing-masing sehingga tidak mengakibatkan lebih karena akan berisiko terhadap keselamatan dijalanan dan orang lain,” kata Andre melalui siaran pers di Jakarta, Senin (9/7/2018).

Sementara,  Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub Budi Setiyadi menegaskan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada pengusaha agar tidak memuat barang tidak sesuai kapasitas.

“Apabila masih dilakukan (melebihi kapasitas), Kemenhub tidak segan-segan akan memberi sanksi berupa penilangan dan penahanan barang,” kata Dirjen Hubdat.

Menurutnya, ketentuan muat barang sebenarnya sudah ada dari setiap truk. Tetapi para pengusaha sering memuat barang melebihi batas ketentuan sehingga menjadi overloading

“Sekarang mau ditegakan, kalau kita senang dan setuju. Yang penting pemilik barang harus sadar bahwa muatan sesuai standar, artinya ada penyesuaian,” ungkap mantan pati Polri itu.

“Pemilik barang harus tahu berapa kapasitas muat truk itu jadi jangan asal dimuat. Dengan begitu, mereka takan akan menjadi pihak yang diancam dengan sanski kurungan selama  tahun itu,” tandas Dirjen Budi.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari