Angkasa Pura 2

Mudik Gratis Lebaran 2018 Naik Baik Penumpang atau Sepeda Motor

Koridor OtomotifSenin, 9 Juli 2018
Bus Mudik Gratis MTI

Mudik Gratis Sepeda Motor - kapal Laut

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Program mudik gratis tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kemenhub/BUMN/perusahaan swasta secara total mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2017 baik penumpang atau sepeda motornya.

Mudik gratis sepeda motor mengalami kenaikan sebesar 42,74% dari 29.065 sepeda motor menjadi 41.468 sepeda motor dan mudik gratis penumpang mengalami kenaikan 63,25% dari 171.606 orang menjadi 280.141 orang.

“Saya berharap kerjasama dan sinergitas antar stakeholders dalam penyelenggaraan kegiatan Angkutan Lebaran ini dapat terus berlanjut pada tahun-tahun mendatang dan pelaksanaannya akan lebih baik lagi,” kata Menhub Budi Katya Sumadi di Jakarta, kemarin.

Dikatakan, berdasarkan pantauan yang dilakukan selama masa Angkutan Lebaran dari H-8 sampai dengan H+8, dapat disimpulkan bahwa penurunan pengguna sepeda motor dan penurunan jumlah kejadian kecelakaan tidak terlepas dari terselenggaranya mudik gratis yang dilaksanakan oleh Pemerintah, BUMN dan pihak swasta.

Dengan kekompakan yang telah terbangun ini, Menhub berharap tidak hanya dalam masa angkutan Lebaran. Namun kekompakan ini harus menjadi modal untuk melaksanakan kegiatan bertransportasi yang baik secara keseluruhan.

Ditambahkan, Menhub dalam angkutan Lebaran tahun ini jumlah pengguna motor turun 40 persen. Hal ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan kembali. Untuk mempertahankan hal tersebut  adalah dengan meningkatkan transportasi umum.

“Dengan transportasi umum yang bagus, orang akan beralih kepada transportasi massal meninggalkan mobil atau motor. Dan dengan itu kecepatan naik, angka kecelakaan turun dan keselamatan dapat terjamin,” tandas Dirjen Hubdat Budi Setiyadi menambahkan.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari