Angkasa Pura 2

Balitbanghub-BPPT Kerja Sama Studi Penerapan Motorize Barge

LitbangRabu, 11 Juli 2018
IMG-20180711-WA0050

IMG-20180711-WA0063

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melaksanakan kerja sama Studi Penerapan Motorize Barge.

Menurut Kepala Badan Litbanghub Sugihardjo, saat ini sekitar 90% pergerakan berada di Pulau Jawa dan sekitar 96% diangkut menggunakan truk.

“Beban lalu lintas jalan di pantai utara Pulau Jawa cukup tinggi. Untuk itu diharapkan ada terobosan/inovasi untuk mengalihkan beban lalu lintas jalan dengan kerja sama ini,” jelas Sugihardjo di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Studi penerapan motorized barge ini kata dia dilaksanakan untuk mengurangi beban lalu lintas di Pantai Utara Pulau Jawa.

“Hasil studi ini nantinya berupa basic design yang sudah melalui uji model dan dilaksanakan oleh balai pengujian hidrodinamika BPPT,” ungkap dia.

Kondisi jalan di Pantai Utara sudah semakin padat sehingga tidak lagi ekonomis dibanding moda lain, sehingga perlu dialihkan ke jalur laut.

Namun perlu dilakukan penelitian lapangan yang lebih komprehensif, sehingga menghasilkan perhitungan yang lebih akurat. (omy)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari