Angkasa Pura 2

Pekan Kedua Sosialisasi Ganjil-Genap, Kendaraan Dialihkan ke Jalur Alternatif

KoridorRabu, 11 Juli 2018
FB_IMG_1531272141606

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kebijakan ganjil-genap yang akan diperluas di Jakarta segera diberlakukan. Saat ini, aparat di lapangan makin mengefektifkan sosialisasi ke masyarkat khususnya para pengguna kendaraan pribadi agar tak melanggar aturan ganjil-genap.

Aparat Dishub DKI Jakarta misalnya,  terus melakukan sosialisasi kebijakan ganjil-genap ini. Pada pekan kedua sosialisasi, aparat mulai mengalihkan kendaraan yang melanggar aturan ganjil-genap ke jalur alternatif.

“Masih dalam giat Sosialisasi perluasan Ganjil Genap. Mohon minta bantuan kepada petugas untuk rute alternatif, selama pelaksanaan uji coba sampai 31 Juli 2018 tidak ada penindakan sanksi tilang,” sebut akun #dishub dki jakarta.

Sebelumnya Direktur Lalu Lintas dan Angkutan BPTJ Karlo Manik kepada BeritaTrans.com mengatakan, sosialisasi kebijakan  ganjil-genap yang diperluas di Jakarta dilakukan secara persuasif, bertahap dan terukur.

“Pada pekan pertama baru sosilasi, membagian selebaran dan pamfelt serta penyampaian informasi secara lisan,” kata Karlo.

Mulai pekan kedua  bulan Juli, jelas dia, aparat di lapangan akan mengalihkan kendaraan yang tak seauai kebijakan ganjil-genap ke jalur alternatif.

“Bagi pengguna  jalan yang belum tahu, dan tak sesuai kebijakan ganjil genap bisa minta informasi  dan petunjuk petugas di lapangan. Kemana jalur alternatif yang bisa dilalui untuk mencapai tujuan,” terang Karlo.

Kebijakan Truk di Tol

Sosialisasi serupa juga dilakukan terkait rencana pengaturan dan pembatasan truk angkutan barang di tol tertentu di Kota Jakarta. Selama Asian Games 2018, ada beberapa ruas tol yang tak boleh dilintasi truk angkutan barang.

Pemberlakuan lajur khusus di tol serta kebijakan buka tutup pitu  tol terutama di sekitar venew pertandingan Asian Games 2018.

Begitu sosialisasi akan terus dilakukab secara  efektif dan efisien. “Mulai 1 Agustus 2018 sampai perhelatan Asian Games 18th usai akan diberlakukan kebijakan ganjil-genap secara efektif,” sebut putra Batak itu.

Bagi kendaraan yang melanggar aturan ganjil-genap, akan ditilang dan dikenakan sanksi  hukum  yang tegas sesuai aturan yang berlaku.(helmi)

loading...