Angkasa Pura 2

Kementerian ESDM Klaim Harga BBM untuk Rakyat Tidak Naik

Energi KoridorKamis, 12 Juli 2018
SPBU Pertamax

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Kementerian ESDM mengklaim bahan bakar minyak (BBM) untuk mayoritas penduduk Indonesia tidak baik. Yang naik hanya BBM non subsisi  dan itu volumenya kecil, sekitar 14%.

BBM jenis  Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex harganya memang naik. Tapi BBM tersebut bukan BBM subsidi dan dikonsumsi hanya 14% dari total konsumsi BBM nasional.

“Sebagai informasi, Pertamax Series merupakan BBM Umum dan harganya ditentukan oleh korporasi sesuai perkembangan harga minyak dunia,” sebut akun #kementerian esdm.

Untuk memperluas jangkauan Premium bagi masyarakat, sebanyak 571 SPBU di wilayah Jawa, Madura, dan Bali sudah kembali menjual Premium.

Sebenarnya, harga BBM untuk rakyat luas tidak naik! Faktanya, 86% BBM yang dikonsumsi rakyat Indonesia adalah jenis Premium, Solar, Minyak tanah, dan Pertalite yang harganya tetap (data realisasi konsumsi BBM tahun 2017).

Dari 1 April 2016 harga Premium tidak pernah naik. BBM jenis Premium dan Pertalite, walaupun bukan BBM Subsidi, harganya tetap.(helmi)