Angkasa Pura 2

Paket Kebijakan Transportasi BPTJ Jelang Asian Games untuk Hindari Kemacetan dan Kerugian yang Capai Rp100 Triliun

KoridorSenin, 16 Juli 2018
FB_IMG_1531703638453

JAKARTA (BeritaTrans.com) -Pemerintah melalui BPTJ membuat berbagai terobosan untuk mengurangi macet. Selama Asian Games 2018, 18 Agustus-2 September, misalnya, pemerintah akan menerapkan 3 kebijakan.

“Pertama Manajemen Rekayasa Lalu Lintas, kedua Penyediaan Angkutan Umum, ketiga Pengaturan Lalu Lintas Angkutan Barang,” sebut akun resmi #bptj151.

Paket kebijakan menjelang Asian Games yang diluncurkan BPTJ bersama pihak terkait juga untuk menekan kerugian secara ekonomi selain hindari kemacetan yang parah. Bappenas mencatat, kerugian akibat kemacetan di Jabodetabek tahun 2017 mencapai Rp100 triliun.

Lebih lanjut, BPTJ m ngajak #anakkota, dan warga Jabodetabek untuk beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum termasuk langkah besar untuk mengurangi masalah macet di Jakarta & wilayah sekitar.

“Mulai sekarang #ayonaikbus,” seru akun tersebut. Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games khususnya Kota Jakarta dan sekitarnya harus bisa mengatur dan mengelola transportasi dengan baik dan bebas macet.

Dengan transportasi yang baik dan lancar maka kerugian yang ditimbulkan bisa ditekan semaksimal mungkin. Selain itu, tingkat pencemaran udara juga harus ditekan semaksimal mungkin.

Data Badan Perencanaan & Pembangunan Nasional (Bappenas) menunjukkan, tahun 2017 kerugian di Jabodetabek akibat macet lalu lintas mencapai Rp100 triliun, kerugian di Jakarta Rp67, 5 triliun per tahun.(helmi)