Angkasa Pura 2

Balitbanghub dan BPPT Siapkan Personel Khusus Untuk Studi Penerapan Motorized Container Barge

LitbangSelasa, 17 Juli 2018
IMG_20180717_154047

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan dan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) menyiapkan personel khusus untuk kerja sama Studi Penerapan Motorized Container Barge.

Menurut Kepala Pusat Litbanghub Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan Ahmad, pihaknya menyiapkan enam personel yang akan menggawangi kerja sama ini.

“Dari kami disiapkan enam orang yang melakukan studi dan hal lain terkait kerja sama ini,” jelas Ahmad kepada BeritaTrans.com, Selasa (17/7/2018).

Direktur Teknologi Rekayasa Industri Maritim, Deputi Bidang Teknologi Rancang Bangun dan Rekayasa BPPT Taufiq Arif Setyanto juga menyampaikan bahwa pihaknya menugaskan enam orang dari BPPT pada kerja sama ini.

“Dua orang untuk mengkaji sisi ekonomi dan dua orang untuk desain kapal, dan dua lainnya untuk teknis,” tuturnya.

Dalam kerja sama ini kata dia, BPPT akan membantu mengkaji Hidrodinamika. Selanjutnya bila sudah rampung, maka akan disusun konsep desain dan diikuti desain kapalnya.

Menurut rencana kapal akan didesain dan disesuaikan GT nya setelah memeroleh hasil studi dan kajian bersama serta nilai keekonomiannya dah diperoleh.

“Jadi kami belum bisa menentukan desain kapal seperti apa, namun kami berencana membuat kapal yang mampu bergerak dengan mesin sendiri tanpa ditarik oleh tug boat,” kata Taufik.

Ahmad menambahkan, untuk sementara kerja sama dilakukan hingga akhir tahun 2018. Namun tidak menutup kemungkinan akan diperbarui agar dapat optimal dan sesuai yang diharapkan.

“Nanti akan diperbaui di tahun berikutnya dan diharapkan desain kapal dan ujicoba prototype bisa dilaksanakan pada tahun 2019,” pungkasnya. (omy)