Angkasa Pura 2

Penutupan Jalan Tol Selama Asian Games 2018 Dilakukan Bervariasi Sesuai Kebutuhan

KoridorRabu, 18 Juli 2018
Pintu Tol Senayan

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Penutupan permanen beberapa pintu tol selama pelaksanaan Asian Games 2018 dilakukan bervariasi pada pukul 06.00  17.00 WIB terutama jalan menuju wisma atlet  dan pukul 12.00  21.00 WIB  jalur menuju venue.

“Selain penutupan permanen, mekanisme buka/tutup sesuai situasi dan kebutuhan juga dilakukan pada beberapa pintu tol lain dimana berlaku diskresi oleh petugas kepolisian di lapangan,” kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono di Jakarta, Rabu (18/7/2018).

Pengaturan lain di jalan tol yang dibutuhkan guna mendukung kelancaran transportasi Asian Games, menurut dia  adalah pembatasan operasional angkutan barang golongan III, IV dan V.

“Selama ini sudah berlaku aturan angkutan barang golongan III, IV dan V tidak boleh melewati jalan tol dalam kota ruas Cawang  Tomang-Pluit dan Tomang  Kembangan kecuali pukul 22.00 -05.00 WIB,” jelas Bambang Pri.

Dari ajian BPTJ merekomendasikan, papar dia,  guna menjamin kelancaran transportasi selama Asian Games pembatasan tersebut perlu diperluas hingga Ruas Tol Pelabuhan , Ruas Tol Cawang  Priok, Ruas Tol Cawang  TMII dan Ruas Tol Cawang  Cikunir.

Meski hasil kajian BPTJ merekomendasikan perlunya pengaturan-pengaturan di jalan tol sebagaimana tersebut di atas, Bambang Pri, menambahkan bahwa untuk implementasi masih membutuhkan koordinasi dengan berbagai instansi seperti Kementerian PUPR, Badan Pengatur Jalan Tol, Operator Jalan Tol, Korlantas Polri, Ditlantas Polda Metro.

Dalam beberapa hari ke depan, terutama instansi yang terkait pelaksanaan di lapangan akan melakukan uji coba dan simulasi pengaturan secara keseluruhan termasuk di jalan tol, kata Bambang.

“Hasil uji coba dan simulasi tersebut diharapkan akan semakin memperjelas gambaran menyangkut implementasi kebijakan transportasi guna memperlancar penyelenggaraan Asian Games Agustus mendatang,” tandas Bambang Pri.(helmi)