Angkasa Pura 2

Kemenhub Imbau Driver Ojol Tak Mogok Kerja dan Sukseskan Asian Games

Koridor OtomotifJumat, 20 Juli 2018
Budi Setiyadi Dirjen

ojek online

JAKARTA (BeritaTrans.com)-  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mengupayakan agar demonstrasi tidak dilakukan oleh Gerakan Aksi Roda Dua (Garda) pada saat perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang,

Aksi protes dari pengemudi ojek online ini dinilai akan mengganggu perhelatan ajang olahraga terbesar se-Asia ini, apalagi pemerintah sedang fokus untuk mempersiapkan Asian Games 2018.

Aksi protes yang direncanakan oleh Garda ini bertujuan untuk  mempertanyakan kembali kebijakan pemerintah terkait ojek online di Indonesia. Dalam Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 28 Juni 2018.

Dijelaskan bahwa berdasarkan Undang- Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang  Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), sepeda motor memang tidak dikategorikan sebagai kendaraan bermotor umum.

Mengenai ketentuan dan putusan MK ini, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi berpendapat bahwa, “Pengaturan ini dimaksudkan supaya tercipta angkutan jalan yang aman dan selamat bagi semua pihak yaitu pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan.”

“Yang terpenting mitra pengemudi jangan mau ditunggangi oleh politik karena tahun ini tahun rawan politik,” ujar Dirjen Hubdat Kemenhub  Budi  Setiyadi di Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Dirjen menyampaikan itu menanggapi rencana aksi yang akan dilakukan oleh Garda yang diperkirakan akan melibatkan 2 juta pengemudi ojek online saat pelaksanaan Asiab Games di Jakarta dan Palembang nanti.

“Sepeda motor bukanlah tidak diatur dalam UU LLAJ, namun saat berbicara tentang angkutan jalan yang mengangkut barang maupun orang dengan mendapat bayaran, maka perlu kriteria yang memberikan keselamatan dan keamanan,” tambah Dirjen Budi.

Menurut Dirjen Budi, Asian Games 2018 sangat bergantung dari participasi masyarakat. Dirjen Budi berharap pengemudi ojek online mengedepankan nasionalisme sehingga dapat menghasilkan suasana yang nyaman bagi atlet dan pendukung.(helmi)