Angkasa Pura 2

Tingkatkan Pelayanan, Dirjen Hubdat Mulai Pembangunan Terminal Tipe A Demak

KoridorJumat, 20 Juli 2018
IMG-20180720-WA0011

IMG-20180720-WA0010

DEMAK (BeritaTrans.com) – Peningkatan pelayanan transportasi jalan yang diwujudkan dengan pembangunan dan perbaikan infrastruktur terus dilakukan  Kementerian Perhubungan/ Ditjen  Perhubungan Darat (Hubdat).

Pemerintah akan dibangun Terminal Bus Tipe A Demak, Jawa Tengah dan ground breaking resmi dilakukan hari ini, Jumat (20/7/2018)

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi  melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan Terminal Bus Tipe A Demak, Jawa Tengah.

Dirjen Budi mengatakan, “Terminal Penumpang Tipe A Demak sebagai salah satu terminal angkutan jalan di Indonesia yang merupakan simpul transportasi di Jawa Tengah, keberadaannya sangat didambakan oleh masyarakat di Provinsi Jawa Tengah khususnya kota Demak dalam mobilitas sehari-hari.”

Lokasi pembangunan Terminal Bus Demak berada di Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak. Terminal dibangun dengan luas lahan 50.392 m2. Pada tahun anggaran 2018 ini akan dilaksanakan tahap persiapan dan pekerjaan konstruksi lahan senilai Rp3,5 miliar.

Pembangunan Terminal Tipe A Demak dilaksanakan secara multiyears selama 3 tahun, dengan total anggaran sebesar sekitar Rp47 miliar. Dirjen Budi mengatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan percepatan pembangunan Terminal Tipe A Demak.

“Kami upayakan supaya bisa lebih cepat, tidak perlu menunggu sampai 3 tahun, kalau di tahun ke 2 pembangunan sudah bisa selesai, tentu hal ini sangat baik,” kata Dirjen Budi.

Peluang Kerja Sama

“Selanjutnya, akan diupayakan terus untuk menjaga keberlanjutan pembangunan Terminal Penumpang Tipe A Demak ini baik dengan skema APBN Murni atau peluang Kerjasama Pemanfaatan (KSP) dengan pihak ketiga baik pihak Swasta, BUMN, dan BUMD,” kata Dirjen Budi.

Peluang kerjasama yang dimaksud dapat berupa optimalisasi fasilitas yang ada didalam terminal untuk kegiatan-kegiatan yang menunjang peningkatan pemasukan Negara. Menurutnya hal tersebut juga dapat mendorong pergerakan roda perekonomian masyarakat di sekitar terminal.

Dirjen Budi berharap dengan pembangunan terminal ini nantinya dapat meningkatkan kembali eksistensi moda jalan (Bus AKAP dan AKDP, Angkot) menjadi moda pilihan masyarakat yang sejajar dengan moda transportasi lainnya.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Bupati Demak M Nasir beserta jajaran Muspida, Direktur Prasarana Perhubungan Darat J.E. Wahjuningrum, Kepala BPTD Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan DIY, beserta pejabat terkait lainnya.(helmi)

 

loading...