Angkasa Pura 2

Indonesia Pimpin Sidang ke-10 IMT-GT di Bangkok

Dermaga Emplasemen Kokpit KoridorKamis, 26 Juli 2018
IMG-20180726-WA0041

JAKARTA (BeritaTrans.com)– Indonesia melalui Kementerian Perhubungan memimpin Sidang Indonesia, Malaysia, Thailand – Growth Triangle (IMT-GT) Working Group Meeting on Transport and ICT Connectivity ke-10 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand 24-25 Juli 2018

Delegasi Indonesia dipimpin Kepala Pusat Fasilitasi Kemitraan dan Kelembagaan Internasional Kementerian Perhubungan, Agus P. Saptono, yang sekaligus bertindak sebagai Chairman. Didampingi anggota Delegasi terdiri dari perwakilan dari Ditjen Perhubungan Udara, Laut, Darat, Atase Perhubungan RI di Kuala Lumpur, dan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

“Indonesia melaporkan perkembangan proyek infrastruktur yang telah selesai dan telah masuk ke dalam tahap uji coba, yakni proyek LRT di Palembang, Sumatera Selatan,” ujar Agus di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Pada sektor Transportasi Laut, Kepala Seksi Asia, Australia dan Pasifik Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Hotman Siagian menitikberatkan pada pembahasan perkembangan rencana implementasi RoRo dengan rute Dumai-Malaka.

“Pada pertemuan ini, Delegasi Indonesia menyampaikan hasil pertemuan Task Force RoRo Dumai-Malaka yang telah diselenggarakan pada Maret 2018 di Malaysia,” tutur Hotman.

Pada kesempatan yang sama, Delegasi Malaysia, lanjut Hotman, juga menyampaikan perkembangan pembangunan Pelabuhan Tanjung Bruas, Malaka, yang direncanakan dapat diselesaikan pada Oktober 2018.

“Dengan demikian, target kita adalah RoRo Dumai-Malaka dapat diimplementasikan pada tahun 2019,” tambahnya.

Sementara itu Kasubdit Direktorat Angkutan Udara Ditjen Hubud Ade Kusuma mengungkapka ada tiga hal yang disampaikan yakni Protocol to amend the MoU between the government of Indonesia, Malaysia, Thailand on expansion of air linkages.

“New point designated oleh indonesia yaitu Silangit dan Tanjung Pandan, oleh Malaysia yaitu Subang, dan Thailand yaitu Surat Thani,” ungkap Ade.

Selain itu juga disampaikan Protocol to amend the MoU between the government of Indonesia, Malaysia, Thailand on expansion of air linkages yang rencananya ditandatangani pada saat STOM ATM November 2018 di Bangkok. (omy)

loading...