Angkasa Pura 2

SALUD Dan Ular Tangga Ikut Hantarkan Pemkab Ciamis Raih Penghargaan Kabupaten Ramah Anak

Koridor SDMSenin, 30 Juli 2018
images-8

2j-Ohor92kEp_7JN6eBIKWeADkGiOuZMGP_CHgKhuhQFIw5XWLBC0Mfk80kygKZtSH0dVwNvSFJjZ-NXGNDoaVJ5ab81izMqlvstzdDrj6UiLeLp8UtUC-kj5wpwQAMcqF01M435mzXbtPvNQA=w451-h326-nc

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Gerakan SALUD (sadar lalu lintas sejak usia dini) dan Puncak Acara Bulan Aksi Keselamatan 2018 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat layak dicontoh dan dikembangkan di daerah lain di Tanah Air.

Demikian disampaikan warganet #edy yulianto. Menurut dia, pendidikan mengenai keselanatan dan tertib bertransportasi perlu dilakukan  sejak usia dini. Saat mereka masuk sekolah mulai PAUD/ TK sudah diajarkan materi mengenai keselamatan dan tertib lalu lintas.

Oleh karena itu, kata dia, SALUD yang sudah dirintis dan sukses di lingkungan Pemkab  Ciamis dan Sudin Perhubungan Ciamis bersama kemunuta PAUD dan  TK/TPA di Ciamis perlu ditiru.

Keberhasilan SALUD di Pemkab Ciamis, termasuk salah satu prestasi  sehingga mampu mengantarkan penghargaan Pemkab Ciamis Ramah Anak.

Menurut Edy, selain sukses dengan SALUD Pemkab Ciamis juga berhasil membuat terobosan baru, yaitu transaksi non tunai utk pembayaran Pengujian Kendaraab Bermotor (PKB)  dan Ijin Trayek. “Biar ngga disaber,” cetus Edy.

Pada bagian lain, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Ditbinkes Ditjen Hubdat juga aktif memberikan  pendampingan bahkan Bimbingan Teknis (Bimtek) lepada aparat Dishub serta para guru dan pengasuh PAUD/ TK di Kab Ciamis.

SALUD dan Bimtek dari Ditbinkes disampaikan dengan cara menarik dan nuansa permainan, karena objek dan sasaran program ini adalah anak usia dini, baik PAUD/ TK  dan sederajat.

Salah satu pimpinan di Dirbinkes  melalui  Erlina Indriasari ikut memberikan pelatihan dan materi pendidilan mengenai keselamatan transportasi untuk anak-anak usia dini ini.

Melalui akun #erlina indriasasi, mantan dosen STTD DAN BP2TD Bali ini menyampaikan materi pelatihan dengan Permainan Edukasi Ular Tangga kepada guru-guru PAUD/TK di Ciamis.

“Dengan Tema Keselamatan Transportasi (permainan ular tangga)  ini Sengaja didesain semenarik mungkin. Agar anak-anak bisa bermain dan sekaligus belajar tentang transportasi,” sebut Erlina.

Melalui permainan ular tangga tersebut, tambah Erlina,diharapkan sejak dini mereka sudah paham dengan lalulintas yang benar,” tegas Erlina.

Bukan hanya itu, Taruna PKL dari PKTJ Tegal juga ikut aktif melatif dan memberikan pembekalan pada anak-anak TK/PAUD di Ciamis untuk belajar mengenai keselamatan  transportasi di usai dini. (helmi)