Angkasa Pura 2

Wagub DKI Jakarta Pastikan Persiapan Asian Games Hampir 100% Termasuk Transportasi Atlet dan Official

Another News KoridorSenin, 30 Juli 2018
Sandiaga Unoo

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Wagub DKI Jakarta Sandiaga S.Uno memastikan persiapan  Jakarta menjelang perhelatan Asian Games 2018 sudah mendekati 100%. Mulai Gelora Bung Karno (GBK), hotel, veneu pertandingan sampai transportasui atlet dan official dari Wisma Atelt Kemayoran ke GBK dan veneu pertandingan di berbagai titik di Kota Jakarta.

“Untuk lalu lintas, simulasi terakhir sudah tercatat di bawah 30 menit bisa dicapai dari Wisam Atlet ke GBK dan berbagai veneu pertandingan. Untuk sekolah, beberapa yang terdampak Asian Games 2018 akan diliburkan dengan diberikan tugas dari sekolah,” kata Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno, di Jakarta.

Sebelumnya, Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, untuk transportasi atlet Asian Games ditangani langsung oleh PT Transjakarta dan para mitranya termasuk Perum PPD.

“Armada bus TransJakarta akan dikerahkan semua, ditambah bus/ kendaraan yang disewa untuk kepentingan Asian Games di Kota Jakarta,” kata dia.

Dikatakan Andri, saat ini ada 1.200 unit  bus Transjakarta yang beroperasi di seluruh koridor di Jakarta. Selain itu, Dishub DKI Jakarta juga menyewa mobil berbagai ukuran untuk keperlauan Asian Games sebanyak 1.038 unit.

‘Kita juga menyiapkan bus cadangan sebanyak 250 unit. Sedang Dinas Pariwisata akan menyediakan 50 bus untuk angkutan atlet dan official ke berbagai destinasi wisata di Kota Jakarta,” papar Andri.

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga akan menyediakan bus gratis dari berbagai hotel tempat menginap atlet dan official Asian Games secara gratis. “Dengan seluruh armada yang disiapkan kita optimis transportasi Asian Games tak masalah,” aku Andri Yansyah.

4.000 Usaha Baru di Jakarta

Ditambahkan Sandiaga Uno, “Yang menarik, penciptaan lapangan kerja yang tidak langsung  berhubungan dengan Asian Games 2018. Kita berharap ada 3.000-4.000 wirausaha baru mulai dari kuliner hingga retail. Transaksinya akan berdampak positif kepada pendapatan masyarakat,” ulas dia.

Wagub DKI Jakarta menambahkan, dampak suksesnya  penyelenggaraan Asian Games 2018 adalah optimisme pasar akan
terbangun. Ini salah satu potensi besar yang akan dirasakan.

“Jika sebelumnya banyak yang skeptis, tapi dengan persiapan yang relatif cepat, tapi ternyata bisa terselenggara dengan
baik. Saya rasa demam yang diharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah terasa di mana-mana,” papar Sandi.

Tak hanya itu, lanjut Wagub DKI, semangat untuk menyemarakan Asian Games 2018 juga telah muncul di tengah-tengah
masyarakat dengan biaya sendiri dengan membuat hiasan dan branding terkait Asian Games 2018.

“Antusiasme masyarakat sudah masuk kategori ‘demam’ sesuai yang diinginkan Presiden Jokowi, sehingga kita salut dengan
semangat yang terbangun seperti itu. Mudah-mudahan ke depan, semangat masyarakat ini terus terjaga hingga penyelenggaraan
Asian Games 2018 bisa sukses,” tegas Sandi.(helmi)