Angkasa Pura 2

Di Depan Pelajar dan Mahasiswa UPI Bandung, Dirjen Hubdat Paparkan Lima Pilar Keselamatan

Aksi Polisi Koridor SDMKamis, 2 Agustus 2018
IMG-20180802-WA0006

IMG-20180802-WA0007

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan  Darat (Hubdat), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi menyampaikan lima pilar keselamatan di depan ribuan pekajar, mahasiswa dan komunitas sepeda motor di Geduang Ahmad Sanusi UPI Bandung, Kamis (2/8/2018).

Paparan mengenai safety riding itu disampaikan dalam rangkaian Dialog Nasional Sinergi Membangun Bangsa, dengan tema: Keselamatan Tanggung Jawab Bersama.

Sesuai Rencama Umum Nasional Keselamatan (RUNK), lanjut Dirjen Budi, keselamatan menjadi tanggung jawab bersama. Termasuk pelajar, mahasiswa, komunitas dan masyarakat pada umumnya.

Sedikitnya ada lima pilar keselamatan dengan penanggung jawab Kementerian atau Lembaga negara yang berbeda. Mereka harus bersinergi untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Menurut Diirjen Budi, pilar pertama manajemen  yang berkeselamatan dengan penanggung Bappenas. Kedua  jalan berkeselamatan dengan penanggung jawab Kementerian PUPR.

Selanjutnya pilar ketiga, kendaraan berkeselamatan dengan penanggung jawab Kementerian Perhubungan. Pilar keempat, pengemudi atau pengguna jalan berkeselamatan dengan penanggung jawab Polri.

Polri wajib memberikan edukasi dan memberdayakan masyarakat agar tahu dan peduli pada keselamatan di jalan raya. Dan pilar kelima penanganan pascakecelakaan dengan penanggung jawab Kemenkes.

Kemenkes dengan jaringan Puskesmas dan dokter sampai ke pelosok daerah harus berkontribusi dengan korban kecelakaan dengan baik dan benar.

“Penanganan yang cepat, baik dan benar akan mengurangi resiko korban kecelakaan. Jangan sampai korban ditangani dengan tak benar dam justru memperberat korban bahkan meninggal dunia,”  tandas Dirjen Budi.

Hadiah Helm dan HP

Dalam paparanya itu,  Dirjen Budi Setiyadi memberikan hadiah kepada penanya yang beruntung  dan orang yang bisa menjawab pertanyaan dengan baik.

Hadiah beragam mulai helm SNI, hanphone dan lainnya. Dengan hadiah tersebut,  diharapkan mampu memacu dan kesadaran untuk tertib dan taat berlalu lintas serta  akhirnya menekan angka korban kecelakaan di jalan raya.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari