Angkasa Pura 2

Dialog Nasional di UPI Sukses, Mulai Pelajar, Mahasiswa Sampai Rektor dan Wakapolda Jabar Hadir

Aksi Polisi Koridor SDMKamis, 2 Agustus 2018
IMG-20180802-WA0014

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Dialog Nasional dengan tema “Keselamatan Tanggug Jawab Bersama” di kampus UPI Bandung, Kamis (2/8/2018) berlangsung meriah dan sukses. Peserta banyak bahkan hampir seluruh tempat duduk terisi.

Dari catatan panitia, lebih dari 1.400 orang peserta datang dan ikut dalam dialog yang dipandu  MC Kondang Denny Chandra itu. Ratusan mahasiswa UPI dan siswa Lab School Bandung hadir meramaikan dialog mengenai keselamatan transportasi darat ini.

Tamu undangan pun melimpah termasuk pejabat Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bandung hadir, seperti Staf Ahli Gubernur Jabar Bapak Udjàwalapraba Sigit,  Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman dan staf hadir.

Pembicara diawali papaparan Dirjen Hubdat Kemenhub Budi Setiyadi dengan materi Safety Riding. Ikut hadir Direktur Binkes Hubdat Risal.

Sedang acara inti Dialog Nasional  diisi oleh dua narasumber, yaitu Menhub Budi Karya Sumadi yang tampil bersama Staf Ahli Gubernur Jabar Udjawalaprana Sigit.

Selanjutnya dari kampus UPI hadir lengkap mulai Rektor UPI Prof. Dr. R.Asep Kadarohman, Pembantu Rektor, Dewan Guru Besar UPI serta dosen dan tenaga kependidikan di kampus ternama di Kota Kembang itu.

Pemaparan materi baik dari Menhub Budi Karya dan sebelumnya dari Dirjen Hubdat mendapat sambutan antusias seluruh audiens yang kebanyakan pelajar dan mahasiswa serta komunitas sepeda motor binaan Polda Jabar yang mencapai 150 orang lebih.

Setiap pemaparan materi mendapat respon positif. Hal itu terlihat dari seluruh pertanyaan yang disampaikan Dirjen Hubdat Budi Setiyadi langsung dijawab bahkan diberikab hadiah baik, helmk, hp dan lainnya.

Video Kecelakaan

Apalagi, diawal paparannya, Dirjen Budi memutar video kasus-kasus kecelakaan tragis yang kebanyakan dimulai dengan pelanggaran lalu lintas seperti di traffic light, overload, jalan licin kemudin jatuh dan tak mengenakan helm dan alat keselamatan lainnya.

Tayangan tersebut cukup menggugah simpati peserta sehingga saat ditanya atau diminta menyampaikan pendapatnya langsung direspon dengan cepat dan tepat oleh peserta dialog.

Implikasinya,  banyak peserta yang bisa menjawab pertanyaan narasumber dengan baik dan benar langsung mendapatkan reward baik helm, atau alat-alat keselamatan lainnya.

Menurut Dirjen Hubdat Budi Seriyadi hadiah berupa helm itu sekaligus menjadi alat keselamatan untuk peserta para pelajar dan mahasiswa yang kebanyakan naik kendaraan roda dua itu.

“Usai dialog, mereka dapat helm baru. Besok tak ada alasan naik motor tidak menggunakan helm kagi,” jelas dia.

Intinya tambah dia, dialog ini harus mampu menambah pemahaman mereka mengenai keselamatan di jalan raya.

“Terlebih lagi, mereka bisa langsung mengaplikasikan mengendara dengan kelengkapan safety yang lebih bagus,” tegas Dirjen Budi.(helmi)