Angkasa Pura 2

Ombudsman Kaji Penyelenggaraan Pelayanan Parkir di Lokasi Pelayanan Publik

Bandara Dermaga Emplasemen KoridorJumat, 3 Agustus 2018
IMG_20180803_225536

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ombudsman melaksanakan pengkajian penyelenggaraan parkir di lokasi pelayanan publik.

Kegiatan ini menurut anggota Ombusman Alvin Lie, dilaksanakan untuk perbaikan penyelenggaraan pelayanan parkir di Indonesia dan terbentukanya aturan setingkat undang-undang sebagai rujukan bagi Pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pelayanan parkir.

“Salah satu kota yang kami sambangi adalah Palembang dalam rangka kajian tentang kebijakan dan fasilitas parkir kendaraan bermotor, diantaranya di Bandara,” tutur Alvin kepada BeritaTrans.com, Jumat (3/8/2018) malam.

Selain Palembang, kata dia, survey juga dilakukan di Bandung, Denpasar, Yogyakarta, dan wilayah Jawa Barat lainnya seperti Bogor, Bekasi, dan Depok.

Adapun objek kajian diantaranya di pelayanan parkir Kantor pemerintahan, Rumah Sakit dan/atau Puskesmas, Stasiun kereta api, Terminal bus, Bandar udara, Pelabuhan penumpang, Universitas Negeri dan/atau Swasta, Pengadilan dan/atau Kantor Polisi, Kantor BUMN dan/atau BUMD.

“Selain itu juga ruang terbuka publik, antara lain taman kota dan/atau pantai,
pasar dan/atau pusat perdagangan,” ungkap Alvin.

Target dari kegiatan ini disebutkannya adalah memeroleh informasi yang komprehensif mengenai penyelenggaraan pelayanan parkir, berupa kebijakan maupun permasalahan terkait. Kedua adalah saran perbaikan penyelenggaraan pelayanan parkir. (omy)