Angkasa Pura 2

Paket Kebijakan di Kota Jakarta Diberlakukan, Masyarakat Mulai Naik Angkutan Umum

KoridorSabtu, 4 Agustus 2018
Dampak Paket Kebijakan Lalin

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Asian Games di Jakarta dan Palembang semakin dekat. Paket kebijakan lalu lintas di Kota Jakarta juga sudah diberlakukan mulai 2 Agustus 2018.

“Kebijakan yang mengalami penyesuaian terkait Manajemen Rekayasa Lalu Lintas adalah perluasan kebijakan ganjil genap di jalan arteri Jakarta. Kebijakan penutupan pintu tol & pengaturan lalu lintas angkutan barang golongan III, IV & V,” sebut akun resmi #bptj151.

Data Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ)  menunjukkan mulai ada perpindahan masyarakat yang awalnya naik angkutan pribadi beralih ke angkutan umum setelah ada kebijakan.

Jumlah penumpang atau load factor bus angkutan umum pasca pemberlakuan paket kebijakan transportasi di Jakarta naik 11,4% dibandingkan sebelumnya. Transjakarta di seluruh koridor nail antara 5-10%.

Masih menurut BPTJ, load factor bus Royal Transjakarta kini naik menjadi diatas 60%. Sedang penumpang KA Commuter lain  naik 4%.

Ganjil Genap Diperluas

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, paket kebijakan transpoirtasu di Jakarta itu harus dilakukan secara bersamaan. Indonesia sebagai  tuan rumah Asian Games bertanggungjawab untuk mengatur dan menyelenggarakan lalu lintas yang baik dan lancar.

“Dengan begitu, akan memberikan dampak yang signifikan, terutama untuk mengurangi bahkan menghilangkan kemacetan lalu lintas khususnya di Kota Jakarta,” kata Bambang Pri.

Dia menambahkan, kebijakan ini untuk kelancaran arus lalu lintas selama pelaksanaan Asian Games 2018. Selain itu juga untuk menurunkan kada CO2, agar pelaksanaan Asian Games aman dan lancar dan tidak mengundang protes para peserta.(helmi)