Angkasa Pura 2

Pemerintah Bangun Angkutan Massal Untuk Selesaikan Masalah Kemacetan

Emplasemen KoridorSabtu, 4 Agustus 2018
lrt palembang 1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pembangunan transportasi di pelosok negeri, adalah untuk menyelesaikan masalah kemacetan di kota besar dilakukan pembangunan angkutan massal seperti Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT).

“Kita ingin sekali masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi beralih menggunakan angkutan massal sehingga dapat mengurangi kemacetan,” kata menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, kemarin.

Sebagai contoh, lanjut dia,  pada saat Lebaran 2018, pemudik yang menggunakan motor turun sekitar 20% karena mereka mudik dengan menggunakan angkutan massal seperti bus, kereta, kapal dan pesawat.

Menhub juga mengatakan pembangunan transportasi massal seperti LRT juga akan dilakukan di 5 kota besar yaitu Jakarta, Medan, Bandung, Makassar dan Bali.

Data saat ini, proye LRT di Jakarta dan Palembang sudah jadi dan siap dioperasikan. Untuk Palembang, tarufnya disubsidi sehingga harga tiket LRT bisa ditekan menajdi Rp5.000.

Sementara, LRT Jakarta khusus di Kelapa Gadung -Rawamangun, juga sudah jadi dan siap dioperasikan. Proyek ini milik Pemprov DKI Jakarta dan nanti daerah yang akan menentukan besaran tarifnya.

Untuk LRT Jabodetabek dari Dukuh Atas ke Cibubur, diproyeksikan selesai dan beroerasi tahun 2022 mendatang. “Tarif normalnya sekitar Rp22.000 per orang. Tapi nanti akan disubsidi, sehingga bisa ditekan lebih murah lagi,” tandas Menhub.(helmi)