Angkasa Pura 2

Tim Ditjen KA dan Para Pihak Bertemu, Hasilkan 3 Alternatif Pembangunan Perlintasan Sebidang di Butuh Purworejo

Emplasemen KoridorSenin, 6 Agustus 2018
IMG-20180805-WA0038

IMG-20180805-WA0036

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Tim Ditjen Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pertemuan atau meeting membahas soal perlintasan sebidang Km.471+591 Kec. Butuh Kab.Purworejo, Jawa Tengah.

Pertemuan dihadiri Camat Butuh, Kades 5 Desa (Desa Tegalgondo, Kunirejo kulon, Tlogorejo, Polomarto dan Wonorejo Kulon) Dishub Purworejo,  Satker PLS 1 Jateng,  Polres Purworejo, PT.KAI (Daop) dan para pihak yang terkait.

Dalam pertemuan ini membahasan pembangunan track kereta api (KA) jalur ganda pada perlintasan sebidang di lokasi Km.471+591 di wilayah Purworejo.

Dari pembahasan dengan para pihak,  diperoleh tiga  alternatif dari hasil pembicaraan. Alternatif itu diharapkan menjadi solusi terbaik,  yaitu jenis pengendalian perlintasan sebidang eksisting :
a. Di-redesain
b. Dihangun perlintasan tidak sebidang/underpas dengan jarak bebas vertikal 2.1 meter.
c. Dibangun perlintasan tidak sebidang dengan jarak bebas vertikal 2.8 meter.

IMG-20180805-WA0035

Yang perlu Menjadi bajan pertimbangan,  karakteristik lokasi “titik perlintasan sebidang” itu adalah rawan banjir

Kasubdit Prasarana dan Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Muh Nurhadi   membenarkan  ada pertemuan yang membahas rencana pembangunan perlintasan KA  sebidang itu.

“Betul (ada meeting itu). Hasil meeting akan diteruskan ke pimpinan dalam hal ini (Direktur Keselamatan dan Dirjenka),” kata dia.(helmi)