Angkasa Pura 2

Bantu Korban Gempa Lombok, ASDP Kerahkan KMP Portlink II dan KMP Madani

Dermaga KoridorSelasa, 7 Agustus 2018
IMG-20180807-WA0007

JAKARTA (BeritaTrans.com) – ┬áPT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Lembar mengerahkan dua armadanya, KMP Portlink II dan KMP Madani untuk membantu proses evakuasi para korban terdampak gempa bumi yang berada di kawasan wisata Gili Trawangan, Lombok, NTB.

Langkah itu Sebagai bentuk dukungan dan aksi kemanusiaan terhadap bencana gempa bumi berkekuatan 8 SR yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8/2018) malam.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini mengatakan, ASDP merespon dengan cepat penanganan bencana gempa bumi yang kembali mengguncang Lombok dengan mengerahkan dua armada yang biasa melayani lintasan Lembar-Padangbai untuk membantu proses evakuasi korban di Gili Trawangan, secara gratis.

“KMP Portlink II mendukung proses evakuasi 163 orang wisatawan di Gili Trawangan menuju pelabuhan Lembar yang didominasi wisatawan asing, Senin kemarin. Lalu, Selasa (7/8) pagi ini, KMP Madani yang mengangkut 132 orang wisatawan asing dari Lembar kembali ke Padangbai, Bali,” tutur Imelda, Selasa (7/8/2018).

Selain bantuan dalam proses evakuasi, PT ASDP juga memfasilitasi penyeberangan kendaraan ambulance dan truk pengangkut bantuan makanan secara gratis, dari Jawa dan Bali yang akan menuju Lombok.

GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang Solikin mengatakan, sejak Selasa (7/8) pukul 03.00 WITA dini hari, kapal ASDP yang melayani lintasan Ketapang-Gilimanuk menyeberangkan secara gratis sejumlah kendaraan ambulance dari Dinas Kesehatan Jawa Timur, Banyuwangi dan Blitar yang akan menuju daerah terdampak gempa di Lombok. Serta 1 unit truk pengangkut logistik dan sumbangan makanan dari Polres Banyuwangi.

“Rencanananya akan ada 20 unit ambulance yang akan melintas bertahap. Kami harapkan dengan dukungan fasilitas penyeberangan ini dapat membantu dan meringankan beban para saudara-saudara kami yang menjadi korban bencana. Tentu, kami harapkan kondisi pascagempa bumi segera pulih, dan kembali normal,” tutur Solikin.

Selain di Ketapang-Gilimanuk, fasilitas penyeberangan secara gratis juga diberikan kepada kendaraan bantuan, ambulance dan truk pengangkut yang melintas di lintasan Padangbai menuju Lembar, Lombok.(helmi)