Angkasa Pura 2

Ditjen Hubla: Pemeliharaan Tepat Jamin Keandalan Kapal-Kapal Patroli KPLP

DermagaSelasa, 7 Agustus 2018
IMG-20180807-WA0003

BOGOR (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menggelar kegiatan bimbingan teknis tata cara pemeliharaan kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di Bogor, Selasa (7/8/2018).

Bimtek bertema “Dengan Bimbingan Teknis Tata Cara Pemeliharaan Kapal Patroli KPLP, Kita Wujudkan Awaj Kapal Patroli yang Terampilan dan Profesional” ini dibuka langsung oleh Direktur Kesatuan Penjagaa Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Hubla Ir. Junaidi, MM.

IMG-20180807-WA0010

“Bimbingan teknis ini untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, kemampuan, dan kecakapan peserta guna menunjang keandalan Kapal Patroli KPLP dalam melaksanakan tugas dan fungsi keamanan dan keselamatan pelayaran,” kata Junaidi.

Disamping itu, Bimtek ini juga dilaksanakan sebagai upaya untuk mempercepat terciptanya tata kelola personel KPLP yang lebih baik lagi guna membangun profil dan perilaku aparatur yang memiliki integritas tinggi, produktif, bertanggung jawab.

IMG-20180807-WA0006

“Juga mampu menjalankan tugas sebagai Awak Kapal yang mandiri dan berkompeten dalam menjaga keandalan fungsi kapal,” katanya.

Junaidi berharap, para awak kapal nantinya bisa menilai apakah kapal patroli tersebut layak untuk mendapat perawatan atau harus dihapuskan.

Disamping itu diharapkan juga dapat menjadi bekal untuk dapat digunakan dalam pelaksanaan operasional di lapangan guna tercapainya sinergitas dalam penegakan hukum di laut. “Dan dapat menyelesaikan berbagai kendala dan permasalahan dalam rangka penyelenggaraan fungsi keamanan dan keselamatan pelayaran sesuai dengan UU 17 tahun 2008,” tuturnya.

IMG-20180807-WA0005

Pada kesempatan tersebut, Junaidi meminta agar semua Peserta untuk mengikuti acara Bimtek ini dengan sungguh-sungguh, dengan penuh rasa tanggung jawab. Sehingga ilmu dan pengalaman yang diperoleh di acara ini bisa bermanfaat khususnya bagi Kemajuan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

“Kepada para instruktur saya meminta kiranya dapat menyampaikan semua ilmunya kepada peserta bimbingan teknis, dan kepada panitia agar bekerja dengan baik, terutama dalam hal administrasi dan pengawasan pelaksanaannya,” kata Junaidi.

IMG-20180807-WA0004

Ketua Panitia Ir. F Zulistian, SH, M.Si. dalam laporannya menyampaikan bahwa bimtek ini dilaksanakan mulai 7 hingga 11 Agustus 2018.

“Pelaksanaan Bimtek dilaksanakan dengan dua tahap. Alhamdulillah tahap I sudah kita laksanakan, dan pada hari ini kita mulai tahap yang kedua,” kata Zulistian yang juga menjabat Kasubdit Sarana dan Prasarana Direktorat KPLP Ditjen Hubla.

Peserta yang mengikuti bimtek tahap kedua berjumlah 52 orang yang terdiri dari awak kapal negara dan penyusunan anggaran di UPT Ditjen Hubla.

“Berasal dari kantor Kesyahbandaran Utama, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Unit Penyelenggara Pelabuhan, dan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai,” katanya.

IMG-20180807-WA0008

Zulistian menjelaskan, para peserta bimtek akan diberikan pengetahuan tentang Standart Perawatan Auxiliary Engine, Standart Perawatan Kapal Berbahan Fiberglass, Prosedur Pengecatan Kapal Fibreglass, Prosedur Docking Kapal di Galangan, Tata Cara Pemaketan, Revisi dan Pertanggung Jawaban Anggaran.

“Dalam bimtek kali ini lebih fokus terhadap prosedur penyusunan anggaran pemeliharaan kapal patroli dan pelaksanaan sekaligus tata Cara pertanggungjawabannya,” kata Zulian. (aliy)

Foto: Humas Ditjen Hubla/Indi Astono