Angkasa Pura 2

Risal: Batas Kecepatan Maksimum Kendaraan Perlu Diterapkan 

Aksi Polisi Koridor OtomotifSelasa, 7 Agustus 2018
images

IMG-20180807-WA0010

MEDAN (BeritaTrans.com) – Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Kecepatan  Tahun 2018 diikuti para pejabat dan aparat Dinas Perhubungan (Dishub) di daerah.

“Bimbingan Teknis ini ditujukan untuk para pengambil keputusan yang bertanggung jawab terhadap peningkatan keselamatan lalu lintas jalan di kabupaten, kota, dan provinsi sebagai penentuan  dan penerapan batas kecepatan kendaraan selalu berhubungan dengan manajemen lalu lintas,” kata Direktur Binkes Hubdat Risal Wasal di Medan, Selasa (7/8/2018).

Secara lebih ekaplisit, lanjut dia, bimtek ini memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  1. Melakukan Bimbingan Teknis terkait penerapan  batas kecepatan maksimum dan minimum kendaraan bermotor.

  2. Menetapkan manajemen  lalu lintas yang paling sesuai agar batas kecepatan dapat dipenuhi.

  3. Menentukan toleransi batas kecepatan dalam rangka meningkatkan keselamatan lalu lintas.

  4. Memberikan pengetahuan lebih mendalam mengenai Manajemen Kecepatan kepada instansi terkait.

  5. Meningkatkan kepedulian instansi terkait khususnya yang terlibat dalam manajemen kecepatan.

Dikatakan Risal, batas kecepatan maksimum kendaraan perlu diterapkan untuk lebih menjamin keselamatan  pengguna jalan.  Oleh karenanya, manajemen  lalu lintas perlu diterapkan dalam rangka menjamin mobilitas dan mendukung perekonomian.

Kajian manajemen  lalu lintas dilakukan, jelas Risal, adalah untuk menentukan pengaturan yang paling sesuai pada suatu ruas serta jalan disesuaikan dengan batas kecepatan yang telah ditetapkan, geometrik jalan, fungsi jalan dan kondisi lahan.

Dengan begitu, papar Risal, akan dihasilkan manajemen lalu lintas pada setiap kawasan sesuai dengan fungsi penggunaan lahan.

“Selain itu juga perlu dilakukan penentuan batas toleransi kecepatan kendaraan, sehingga pada saat pelaksanaan batas kecepatan kendaraan bermotor sudah mempunyai nilai toleransi batas kecepatan kendaraan,” tandas Risal.(helmi)