Angkasa Pura 2

Tes Narkoba Seluruh Personel Penerbangan Kemenhub

Bandara Kokpit SDMSelasa, 7 Agustus 2018
IMG-20180807-WA0027

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba pada sektor penerbangan, Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno perintahkan tes narkoba kepada pilot dan personel penerbangan lainnya di lingkungan Ditjen Perhubungan Udara.

“Kita harus mencegahnya bersama-sama agar tidak mengganggu keselamatan dan keamanan dalam penerbangan,” tegas Pramintohadi di Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Sebelumnya, kemarin (6/8/2018) telah dilakukan tes urine narkoba kepada seluruh pegawai termasuk para inspektur di lingkungan DKPPU. Dalam kegiatan ini, kurang lebih 250 pegawai DKPPU telah dites narkoba oleh tim dari Balai Hatpen Ditjen Perhubungan Udara.

Sebelum dimulai, Direktur KPPU, Capt. Avirianto didampingi oleh Kasubdit Operasi Penerbangan, Capt. Moch. Mauluddin, serta Kepala Balai Kesehatan Penerbangan Sri Murani Ariningsih mengingatkan kepada semua pegawai DKPPU agar tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum yaitu mengkonsumsi narkoba dan melakukan korupsi.

“Melakukan korupsi dan penggunaan narkoba tidak hanya merugikan marwah dan kewibawaan institusi Kementerian Perhubungan, namun juga diri sendiri, keluarga, istri/ suami dan anak-anak bagi yang mempunyainya. Selain itu pasti juga merugikan masa depan, yaitu mematikan karir bagi dirinya sendiri,” ujar Capt. Avi.

Menurut Capt. Avi, Bapak Menteri tidak menolerir bila ada pegawai Kemenhub yang terlibat narkoba. Sanksi tegas akan diberikan mulai dari lisensi sebagai penerbang yang dibekukan hingga pemberhentian sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini dilakukan demi terciptanya keselamatan dan keamanan penerbangan. (omy)

loading...