Angkasa Pura 2

Bus Jadul PPD Jadi Media Pembelajaran dan Wisata

Destinasi Koridor OtomotifRabu, 8 Agustus 2018
IMG-20180805-WA0004

IMG_20180808_093616

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Bus jadul (jaman dahulu) milik Perum PPD baik bus double decker atau bus single decker buatan tahun 70-80-anĀ  masih ada dan bisa dioperasikan. Dulu ada pula bus gandengan yang pernah dioperasikan PPD untuk melayani beberapa trayek di Kota Jakarta.

Koleksi bus jadul PPD itu masih terawat dengan baik di Depo PPD Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel). Para teknisi trampil dan berpengalaman di PPD dengan setia menjaga dan merawat bus yang telah puluhan tahun mengabdi dan melayani masyarakat itu.

Bus tersebut memang tidak dioperasikan untuk angkutan umum di Kota Jakarta. Tapi, saat pameran bus-bus “tempo doeloe” di Jakarta belum lama ini, koleksi bus jadul PPD ikut meramaikan kendaraan antik tersebut.

Selain itu koleksi dan bus jadul itu juga dijadikan bahan pembelajaran khususnya bagi mekanik PPD zaman sekarang. Paling tidak mereka bisa mempelajari struktur mesin kendaraan zaman dulu, selain mempelajari dan mengoperasikan kendaraan paling modern kini.

Kepala SBU Perawatan PPD Eko Wobisono mengatakan, bus-bus jadul tersebut masih bisa dioperasikan. Koleksi bus jadul itu masih dijaga dan dirawat karyawan bagian mekanik PPD. “Jadi, jika suatu saat dibutuhkan, masih dibisa dioperasikan,” katanya menjawab BeritaTrans.com.

images

Objek Wisata Anak-Anak

Koleksi bus jadul di PPD bukan hanya untuk media pembelajaran bagi karyawan dan crew bus PPD. Bus tua tersebut juga menjadi media belajar dan objek wisata bagi anak-anak usaia dini.

Namun ada pula bus-bus koleksi terbaru PPD yang layak ditonton oleh anak-anak kita. Dengan begitu, mereka bisa membanding bagaimana bentuk dan fasilitas bus jadul sampai bus terbaru milik BUMN tersebut.

Sering kali, anak-anak TK/ SD di Jakarta dan Tangsel melakukan studi tour ke Depo Perum PPD. Salah satu yang ditunjukkan kepada mereka adalah aneka koleksi bus PPD sejak zaman dulu sampai bus yang terbaru.

Menurut Eko, koleksi bus jadul PPD belum lama ini digunakan untuk shooting acara “Mencari Hantu” yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta nasional. “Mereka izin resmi ke kantor Pusat PPD. Tapi, pelaksanaan shooting ada di Depo PPD Ciputat ini,” tandas Eko.

Dikatakan, koleksi bus PPD bukan hanya bus jadul. BUMN transportasi darat itu juga mempunyai bus Pariwisata VVIP. “Bus warna putih dan tahan peluru itu biasa disewa perusahaan lain seperti Pertamina,” aku dia.

“Beberapa kali dipakai Meneg BUMN Rini Soemarno untuk peninjauan jalur pantura Jawa. Beliau sangat puas dan tak ada komplain usai menggunakan bus andalan PPD itu,” kata Dirut Perum PPD Pande Putu Yasa.

Dia menambahkan, bus Pariwisata VVIP milik PPD ini dioperasikan oleh SDM profesional. Dalam bus tersebut juga dilayani oleh asisten pramudi dan pramugari yang siap melayani konsumen dengan baik dan memuaskan.(helmi)

loading...