Angkasa Pura 2

Taat dan Tertib Berlalu Lintas Untuk Cegah Laka di Jalan Raya

KoridorRabu, 8 Agustus 2018
Kecelakaan di Jalan Raya 1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Mengemudi di jalan raya harus memiliki kemampuan dan ketrampilan yang memadahi. Selain itu, dari sisi legal, pengemudi harus mempunyai SIM sesuai kendaraannya selain surat-surat kelengkapan lainnya.

Dengan berbagai bekal tersebut, terutama ketrampilan mengemudikan kendaraan di jalan, maka akan ada jaminan keselamata yang tinggi. Bukan selamat untuk pengemudi, tapi juga pengguna jalan lainnya.

“Mengemudi kendaraan bermotor di jalan menuntut kewaspadaan setiap pengendara, khususnya ketika pengemudi kendaraan hendak berpindah jalur,” pesan keselamatan dari #kemenhub151.

Saat hendak berpindah jalur, pesan dia, maka pengemudi diwajibkan untuk memperhatikan situasi di sekitarnya (depan, samping dan belakang), seraya memberikan isyarat.

Semua itu harus dilakukan untuk menjaga keselamatan bersama, sebab keselamatan berkendara merupakan tanggung jawab kita bersama.

Keselamatan di jalan raya harus terus dijaga dan ditingkatkan. Dirjen Hubdat Budi Setiyadi mengatakan, jumlah korban kecelakaan di jalan rata menurut data Polri masih mencapai angka 31.000 lebih per tahun.

Dari jumlah itu, sebagian besar melibatkan sepeda motor. Baik kecelakaan tunggal, atau  terlibat kecelakaan dengan kendaraan lain. Intinya, mereka menimbulkan korban jiwa.

“Korban jiwa dan vatalitas yang tinggi dalam kecelakaan di jalan ini harus segara diturunkan. Salah satunya dengan peningkatan kemampuan pengemudi, sekaligus disiplin dan taat lalu lintas di jaan raya,” tandas Dirjen Budi.(helmi)