Angkasa Pura 2

Direktur AMM Ahmad Yani Perkenalkan Layanan IT Pada Komunitas Pengemudi Jabar

Koridor Telekomunikasi & PosKamis, 9 Agustus 2018
IMG-20180809-WA0000

IMG-20180809-WA0001

KARAWANG (BeritaTrans.com) – Direktur Angkutan dan Multimoda (AMM) Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ahmad Yani, ATD, MT berdialog dan memperperkenalkan dan memanfaatkan information technology (IT) kepada komunitas pengemudi dan pengusaha logistik khususunya di daerah Jawa Barat.

“Kita harus manfaatkan IT untuk memngembangkan jaringan dan penetrasi pasar yang lebih besar. Dengan memanfaatkan keunggulan IT semua itu akan bisa dilakukan dengan lebih mudah,” kata Ahmad Yani disela-sela dialog mengenai ODOL di UPPKB Balonggandu, Karawang, Kamis (9/8/2018).

Saat ini, lanjut dia, Ditjen Hubdat sudah menjalin kerjasama dengan Ritase.com, yang bergerak di bidang angkutan kargo logistik secara nasional. Termasuk untuk mengatisipasi penanganan ODOL yang harus diturunkan muatannya dan butuh armada angkutan secara cepat.

Menurut Yani, perkembangan Iptek khususnya bidang IT sudah demikian canggih. IT sudah masuk keseluruh jaringan dan bidang kehidupan manusia, termasuk jasa logisik di Tanah Air. “Jadi, sangat naif jika kita tak memanfaatkan peluangan dan kemudahan layanan itu sebaik mungkin,” jelas Yani dalam percakapangan dengan komunitas pengemudi Jepara itu.

Melalui aplikasi IT, menurut Yani, kita bisa memasarkan produk dan layanan jasa di bidang transportasi. Penetrasi IT juga bisa menembus batas dan waktu bahkan sampai ke mancanegara.

“Kita di UPPKB Balonggandu misalnya, bisa memasarkan produk bahkan melayani konsumen termasuk mereka yang jauh lokasinya dengan kita berada saat ini. Layanan apa yang bisa diberikan. Sementara di pihak lan mempunyai kargo yang butuh jasa angkutan ke daerah tertentu misalnya,” papar Yani.

Dalam pertemuan itu, Yani sekaligus memperkenalkan dengan pimpinan Ritasi.com Iman Kusnadi. Menurut dia, layanan jasa Ritasi.com meliputi jasa kargo secara elektonik. “Jika kita bisa bersinergi dan saling memanfaatkan, tentu akan sangat bermanfaat,” aku Iman.

“Kini, Ritasi.com sudah melayani ribuan konsumen yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Sangat bagus jika jika bisa berkolaborasi termasusk dengan para komunitas pengemudi di Jawa Barat ini,” jelas Iman optimistis.

Baik Yani atau Iman sepakat, di tengah persaingan yang kian ketat, bagaimana kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik dengan produk layanan dan jasa yang terbaik. “Dunia sudah demikian maju. Kini saatnya kita memanfaatkan layanan IT dengan sebaik mungkin,” tegas Yani.(helmi)