Angkasa Pura 2

5 Kapal Nelayan Terbakar di Pelabuhan Juwana

DermagaJumat, 10 Agustus 2018
IMG-20180810-WA0008

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Lima kapal nelayan terbakar di Pelabuhan Juwana Semarang, Jawa Tengah, Kamis (9/8/2018) petang.

Beruntung, api berhasil dipadamkan tadi malam. Menurut data dari Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Junaidi, dari lima unit kapal nelayan yang terbakar, dua unit di antaranya merupakan kapal belum jadi.

“Kami mendapat laporan bahwa kapal-kapal tersebut dalam posisi sandar saat terbakar. Dari lima kapal terbakar, dua di antaranya kapal belum jadi dan belum memiliki dokumen, dua lainnya sudah terdaftar dan yang satu lagi belum teridentifikasi siapa pemiliknya,” ujar Junaidi di Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Junaidi menyebutkan, sesuai data pendaftaran kapal, satu kapal adalah kapal motor nelayan Dua Putra Perkasa GT 187 No.1374/GC milik PT Pesona Sari Bintang Jakarta. Satu lainnya kapal Dua Putra Perkasa/6 GT 146 No.1438/GC milik PT. Dua Putra Perkasa Pertama Bekasi.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Api pertama kali diketahui oleh nelayan setempat sekitar pukul 16.30 WIB, dan berhasil dipadamkan malam itu juga walaupun saat itu angin bertiup kencang,” ungkapnya.

Pihaknya mengapresiasi kerja cepat tim terpadu yang dikoordinatori Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Juwana bersama Pol Air, TNI AL, Koramil Juwana, Polsek Juwana dan Satpol PP Pemerintah Kabupaten beserta petugas pemadam kebakaran yang berupaya keras mengatasi kebakaran tersebut.

“Penyebab kebakaran, masih dilakukan investigasi oleh pihak yang berwenang termasuk menginventarisir jumlah kerugian atas insiden tersebut,” tutup Junaidi. (omy)