Angkasa Pura 2

Mewujudkan Bandara Soekarno Hatta 2, Tantangan Baru Angkasa Pura II

BandaraSabtu, 11 Agustus 2018
IMG-20180811-WA0022

IMG-20180811-WA0028

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Mewujudkan Bandara Soekarno Hatta 2 menjadi tantangan baru bagi PT Angkasa Pura II. Saat ini sembari menyelesaikan pembangunn runway tiga dan terminal 4, pra fisiebility Study (FS) pun sudah mulai dilaksanakan.

Tak tanggung-tanggung, Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyampaikan bahwa ada tiga titik sasaran rencana penetapan lokasi (penlok) yang sedang dipelajari.

“Ada tiga titik dan rata-rata 10-15 kilometer jarak lokasinya dari bandara eksisting,” ungkap Awaluddin di Tangerang, Sabtu (11/8/2018).

Ketiga lokasi tersebut tanpa mau disebutkan lokasi pastinya, dia menyebutkan kemungkinan lahannya. Pertama kombinasi antara lahan daratan dan reklamasi atau reklamasi penuh

“Minimal kita membutuhkan 2.000 hektar untuk mewujudkan Bandara Soekarno Hatta 2,” tuturnya.

Namun begitu, untuk penlok akan diserahkan sepenuhnya kepada regulator dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

Awaluddin mengaku tak merasa keberatan disaat pembangunan yang ada belum rampung benar namun harus memikirkan rencana bandara baru.

“Ini enggak masalah dan memang tugas kami untuk melihat ke depan, karena bila tidak dibangun Bandara Soekarno Hatta 2 maka Bandara Soekarno Hatta 1 akan stag, mengingat pertumbuhan penumpang yang sangat tinggi dari tahun ke tahun,” ujar dia.

Terkait pembiayaan yang diprediksi akan mencapai Rp100 triliun, lagi-lagi dengan optimistis, Awaluddin menyatakan jangan terlalu dipikirkan sendiri. Hal itu lantaran banyak pilihan dan cara yang dapat dilakukan untuk pemenuhannya.

Diantaranya adalah dengan skema pendanaan pihak ketiga, self in invenstement, private participant in infrastructur (PPI), dan alternatif lainnya. (omy)