Angkasa Pura 2

367 Pelabuhan Telah Terapkan ISPS Code Keamanan Pelabuhan

DermagaTuesday, 14 August 2018

BALI (BeritaTrans.com) – Sebanyak 367 pelabuhan menerapkan ISPS Code-Keamanan Pelabuhan setelah 14 tahun Indonesia mengadopsinya dari konvensi internasional.

367 pelabuhan tersebut diantaranya pada Terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS) 111, 59 pelabuhan umum, dan 197 terminal khusus (Tersus). Sedangkan pada kapal, ISPS Code telah diterapkan di 1.370 unit kapal untuk pelayaran internasional.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Junaidi mengemukakan, sejak diberlakukannya ISPS Code pada 1 Juli 2004, Ditjen Perhubungan Laut selaku Designated Authority telah mengeluarkan aturan perundang-undangan yang mengatur penerapan keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan sesuai dengan ketentuan konvensi internasional tersebut.

“Sesuai dengan perkembangan zaman dan dinamika keamanan secara global, peraturan-peraturan yang ada juga telah dikaji ulang untuk mengidentifikasi room for improvement atau hal-hal yang dapat kita perbaiki ataupun kembangkan,” jelas Junaidi dalam The Port Security Regulatory Deep Dive Group Discussion di Bali, Selasa (14/8/2018).

Dia menyatakan bahwa secara umum, penerapan ISPS Code ini dilaksanakan pada semua pelabuhan termasuk di terminal TUKS dan Tersus perlu adanya keamanannya. Tidak terkecuali di terminal penumpang.

ISPS Code atau Kode Keamanan terhadap Kapal dan Fasilitas Pelabuhan didefinisikan sebagai aturan yang menyeluruh mengenai langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan. (omy)