Angkasa Pura 2

Ditjen Hubdat Fokus Tingkatkan Keselamatan Penyeberangan Di 5 Provinsi

Dermaga KoridorSabtu, 18 Agustus 2018
IMG_20180818_075614

TERNATE (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi menjelaskan pihaknya komit untuk meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran sungai, danau dan penyeberangan di Tanah Air.

Dalam kaitan itu, Ditjen Hubdat Kemenhub akan memperbaiki dermaga dan fasilitas penyeberangan minimal 5 provinsi di Indonesia. Kita fokus pada peningkatan aspek keselamatan untuk angkutan sungai, danau dan penyeberangan.

“Sesuai arahan Menteri Perhubungan (Menhub) ada 5 propinsi yang sekarang ini menjadi tanggungjawab kami termasuk di Maluku Utara ini akan kami perbaiki dari 3 aspek, yang pertama SDM-nya kita lakukan pelatihan, selain itu prasarana pelabuhan dan yang ketiga sarana,” kata Dirjen Budi di Ternate, kemarin.

Seperti diketahui, kelima provinsi di Indonesia tersebut di Maluku Utara, Kalimantan Utara, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Papua Barat.

“Ini (kasus KMP Bandeng) menjadi momentum, pembelajaran bagi kita penanganan disini sangat bagus sekali penanganan terhadap korban,” kilah Dirjen Budi.

Dia menambahkan, (KMP Bandeng) berbeda dengan waktu saya lihat yang ada di Danau Toba. Disini itu aspek keselamatan yang ada di KMP. “Bandeng itu sudah terpenuhi semuanya, seperti _life jacket_ yang sudah memenuhi standar, ILR dan pelatihan terhadap awaknya,” ucap Dirjen Budi.

Turut hadir dalam kunjungan kali ini Direktur Utama PT. Jasa Raharja Budi Rahardjo, Direktur Angkutan dan Multimoda Perhubungan Darat Ahmad Yani, serta Direktur Teknik dan Operasi PT. ASDP Indonesia Ferry La Mane. (helmi)

loading...