Angkasa Pura 2

Isi Kemerdekaan RI, Kampus Transportasi BPSDMP Kemenhub akan Diklat 100.000 Pemuda

SDMSabtu, 18 Agustus 2018
IMG-20180818-WA0011

IMG-20180818-WA0012

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemerintahan Jokowi-JK, tak hanya membangun infrastruktur, dibTanah Air. Pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, bandara, pelabuhan, jaringan kereta api (KA) dan lainnya. Kini semua dibangun merata di berbagai daerah mulai Sumater, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara sampai Papua.

Pemerintah juga fokus pada pembangunan SDM yang produktif dan memiliki daya saing. Pembangunan SDM ditunjukkan dengan adanya diklat (pendidikan dan pelatihan) vokasi (kejuruan) bagi masyarakat agar lebih terampil, ahli, dan memiliki jiwa wira usaha.

“Kementerian Perhubungan melalui kampus transportasi BPSDMP ¬†telah mengembangkan diklat vokasi dengan target 100.000 masyarakat lulusan SMP, SMA, SMK, khususnya masyarakat kurang mampu. Diklat vokasi diselenggarakan di sekolah-sekolah naungan Kementerian Perhubungan,” sebut akun #kemenhub151.

Mulai BP2IP Malahayati di Aceh sampai BPPP Jayapura Papua menggelar diklat pemberdayaan masyarakat (DPM) sesuai peran dan tupoksi masing-masing. DPM ini dimaksudkan mendidik dan mempersiapkan SDM terampil dan siap kerja.

Isi Kemerdekaan

Perjuangan para pahlawan 73 tahun silam, berbuah manis yaitu kemerdekaan Indonesia yang diproklairkan duet Soekarno-Hatta. “Sebagai generasi penerus bangsa, sudah selayaknya kita mengisi kemerdekaan dengan bekerja nyata dan mewujudkan prestasi bangsa.”

Guna meminimalisir ketimpangan ekonomi dan sosial yang terjadi pada masyarakat Indonesia, Pemerintah merumuskan program Kebijakan Ekonomi Berkeadilan dengan upaya meningkatkan permodalan masyarakat golongan ekonomi lemah agar memiliki kesempatan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas hidup.

Kebijakan Ekonomi Berkeadilan mencakup 3 hal berikut: (1) berbasis lahan, yaitu pemerataan kepemilikan lahan bagi masyarakat; (2) berbasis kesempatan, yaitu pemerataan pemberian kesempatan bagi masyarakat; dan (3) berbasis Sumber Daya Manusia (SDM), yaitu peningkatan kapasitas masyarakat.(helmi)