Angkasa Pura 2

DAMRI Layani Rute Reguler Berau – Bulungan

KoridorSenin, 20 Agustus 2018
damri berau

BERAU (BeritaTrans.com) – Pihak Pemkab Berau bersama pemerintah pusat melalui Perum DAMRI berupaya menyediakan angkutan umum dari dan menuju Kabupaten Berau.

Seperti diketahui, nyaris tidak ada angkutan umum yang melayani transportasi darat ke wilayah paling utara Kaltim ini. Kepala Seksi Angkutan Darat, Dinas Perhubungan Kabupaten Berau, Sumarsono mengatakan, selama ini transportasi darat antar kota dan antar provinsi dari dan menuju Kabupaten Berau, masih didominasi oleh angkutan ilegal.

“Sekarang angkutan darat kan banyak dikuasai oleh mobil-mobil pelat (nomor) hitam atau kendaraan pribadi, yang mestinya tidak boleh digunakan sebagai angkutan umum,” kata Sumarsono kepada Tribunkaltim.co, kemarin.

Angkutan umum yang tersedia dan melayani transportasi reguler hanya bus Damri dari Berau ke Bulungan.

“Untuk sementara ini, baru satu rute itu saja, dari Bulungan ke Berau lalu kembali lagi ke Bulungan setiap hari,” jelasnya.

Sumarsono menambahkan, Damri bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Berau, sudah melakukan penjajakan untuk membuka rute perintis dari Berau hingga ke Samarinda. “Mereka melakukan studi untuk alternatif layana transportasi darat untuk wilayah pesisir, seperti ke Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan,” ungkapnya.

Hanya saja, kata Sumarsono, hingga kini belum ada kejelasan, kapan Damri akan membuka rute perintis ini. “Ini hanya angkutan perintis, kami tidak menargetkan jumlah penumpang. Tujuan utamanya adalah menyediakan transportasi umum yang sifatnya reguler atau terjadwal,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, layanan bus DAMRI dari Berau ke Bulungan dibuka setiap hari melalui Terminal Rinding, Kecamatan Teluk Bayur. Keberangkatan setiap pukul 9.15 wita. Tarif bus Damri ini jauh lebih murah jika dibanding menggunakan jasa angkutan ilegal yang sekali jalan mematok tarif Rp 100 ribu hingga Rp 110 ribu.

Sementara tarif bus DAMRI hanya Rp 50 ribu, dengan kondisi bus yang dipastikan layak jalan dan tempat duduk yang lebih lega. Dan yang lebih penting, faktor keselamatan penumpang juga menjadi salah satu fokus utama.

Berbeda dengan layanan transportasi ilegal, penumpang bus Damri dipastikan juga mendapat perlindungan asuransi. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum menggunakan jasa transportasi umum ini.

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari