Angkasa Pura 2

Bantuan Kemanusiaan Lombok Kembali Diangkut Kapal Pelni Tanpa Biaya

DermagaSelasa, 21 Agustus 2018
IMG-20180821-WA0022

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Bantuan kemanusian bagi korban gempa di Lombok kembali diangkut kapal Pelni dengan KM Egon dari Surabaya tanpa biaya.

Angkutan bantuan kemanusiaan gratis kali ini lebih banyak dibanding angkutan sebelumnya. Pelni menyediakan tiga kapal pengangkut bantuan gratis, KM. Egon (7/8 dan 21/8-18), KM. Camara Nusantara 3 (17/8). KM. Tilongkabila (22/8) dari Makassar-Benoa-Lembar (Lombok).

Kepala Kesekretariatan PT Pelni (Persero) Ridwan Mandaliko mengatakan, penyediaan transportasi laut secara gratis dari Pelni mendapat respon positif dari berbagai lembaga, institusi, komunitas, dan perusahaan swasta serta BUMN.

“Kami bersyukur masyarakat memanfaatkan angkutan gratis Pelni untuk bantuan ke Lombok,” tutur Ridwan di Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Penyediaan transportasi gratis untuk mengangkut bantuan ke Lombok dari Surabaya dengan KM. Egon berangkat sore pukul 15.00 WIB merupakan angkutan gratis ketiga kalinya.

Dari data manifes KM. Egon tercatat ada 54 item barang akan dikirim ke Lombok. Pemkot Surabaya, Forum Zakat, APBMI, Relawan Basarnas telah mengirim daftar barang yang akan diangkut ke Lombok.

“Penyediaan transportasi gratis untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke Lombok, telah dua kali dengan KM. Egon, Camara Nusantara 3,” kata dia.

KM. Egon, lanjut Ridwan merupakan kapal tipe Roro dan dapat mengangkut mobil, alat berat dan penumpang.

Selumnya KM. Camara Nusantara 3 yang diberangkatkan bertepatan dengan HUT Indonesia 17 Agustus 2018, membawa bantuan dari UPT Ditjen Perhubungan Laut BP SDM Jatim sebanyak 44 colly. Laziz Nurul Alfah lima colly. APBMI-Dok Perkapalan 43 colly, Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak 5 colly, PT Sarana Bandar Nasional (SBN) anak perusahaan Pelni, tujuh colly, dan relawan peduli bencana.

Kepala Pelni Cabang Surabaya Presda yang mewakili Direksi Pelni pada laporan penyerahan bantuan kepada Nakhoda KM. Egon, Capt. Sinurat menyebutkan, bantuan yang diangkut berupa kendaraan, alat berat, dan kargo. (omy)