Angkasa Pura 2

Musium TB Silalahi, Wahana Gali Sejarah Batak di Balige Toba

DestinasiSabtu, 25 Agustus 2018
IMG_20180825_173400

IMG_20180825_181206

BALIGE (BeritaTrans.com) – Musium TB Silalahi di Balige, Toba, Sumatera Utara, wahana menggali sejarah tentang Batak dari akar hingga perkembangannya.

Masuk ke area Musium, pengunjung disuguhi aneka koleksi pribadi TB Silalahi seperti kendaraan roda empat dan helikopter. Di sisi kanan area dapat ditemui ruang pertemuan dan taman bermandikan tanaman hijau dan teduh.

Tak berhenti sampai di situ, pengunjung diajak masuk ke area yang lebih luas dan disambut patung Raja Batak dan ornamen dan cuplikan kehidupan kerajaan dalam bentuk relief.

Selanjutnya pengunjung memasuki area utama musium berdinding kaca tembus pandang yang megah dan luas. Mengalirlah cerita sejarah Batak dengan panduan gaet, mulai dari teras musium hingga seisinya.

“Benar-benar menceritakan sejarah otentik tentang perjuangan masyarakat Batak untuk menegakkan kedaulatan wilayahnya dari agresi militer Belanda. Sejarah seperti ini perlu dipertahankan dan dilestarikan, sehingga generasi penerus mengetahui dan memahami betapa leluhurnya dahulu berjuang,” kata Dewanto salah seorang pengunjung kepada BeritaTrans.com, Sabtu (25/8/2018).

Apalagi kata dia, banyak sejarah yang sudah terdistorsi sehingga ada penggalan sejarah yang terhapus.

“Ini sangat bagus dan menarik, sayang bila datang ke Toba tak mampir ke musium ini,” kata Dewanto yang datang bersama rombongan maskapai Garuda Indonesia.

Dia berharap musim lain dapat meniru kelengkapan Musium TB Silalahi. Ingin mengenal sejarah Batak, di sinilah tempatnya.

Untuk masuk ke area musium, pengunjung cukup membayar Rp10ribu per orang. Rombongan akan memeroleh harga spesial.(omy)