Angkasa Pura 2

Ini Laporan Awal KNKT Dalam Kasus Laka Bus Pariwisata Tiban Inten  di Tol Cipali

KoridorSenin, 27 Agustus 2018
images-3

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Bus pariwisata Tiban Inten dengan nomor kendaraan A.7507.S yang dikemudikan Muhidin (55) dan dibantu oleh pembantu pengemudi Imron (32) membawa rombongan yang akan mudik ke Jogjakarta sebanyak 50 orang. Bus berangkat dari Tanjung Priok tanggal 16 Agustus 2018 jam 19.00 WIB.

Sebagian penumpang akan turun di Kebumen dan Purworejo dan sisanya turun di Jogjakarta, sehingga di tol Kanci – Brebes bus keluar pada gate Pejagan dan menuju ke Purwokerto untuk selanjutnya menyusuri jalur selatan menuju Jogjakarta.

“Bus sampai di Jogjakarta tanggal 17 Agustus 2018 jam 15.00 WIB. Selanjutnya bus kembali lagi ke Jakarta jam 17.30 WIB melalui rute yang sama. Di Bumiayu bus sempat berhenti untuk bersitirahat pada jam 02.30 WIB. Setelah beristirahat sekitar 30 menit, bus melanjutkan perjalanan kembali menuju gate tol Pejagan,” sebut review KNKT dipimpin investigator Achmad Wildan yang  terima BeritaTrans.com di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Setelah masuk tol Brebes – Kanci pembantu pengemudi tidur di jok tengah. Sekitar jam 05.45 pembantu pengemudi terbangun saat badannya terlempar ke belakang karena bus mengalami benturan yang hebat.

Pembantu pengemudi melihat bus sudah   menabrak tiang beton dan pengemudi sudah dalam keadaan meninggal dunia di jok kemudi.

Selanjutnya pembantu pengemudi keluar dari bus dan diluar  sudah ada ambulan dan petugas. Pada saat terjadinya kecelakaan cuaca cerah.

  1. Lokasi Kejadian

Kecelakaan terjadi pada ruas jalan tol Cikampek – Palimanan (Cipali) arah Cirebon ke Jakarta pada km 108 + 800 menjelang gate tol Subang. Kondisi ruas jalan secara keseluruhan dalam kondisi baik, jarak pandang baik, marka dan rambu jelas.

Bahu dan badan jalan memiliki lebar yang sesuai standar dan merupakan jalan 2 jalur 4 lajur dan 2 arah yang terpisahkan oleh median yang cukup lebar.

Hasil pengamatan di lapangan sepanjang ruas jalan tol Cipali terdapat tiang tengah, baik berupa tiang PJU maupun tiang jembatan. Ditemukan penggunaan wire rope pada beberapa bagian tepi jalan tol.

  1. Data Kendaraan

Bus Tiban Inten nomor kendaraan A.7507.S adalah kendaraan bermotor wajib uji pada wilayah Cilegon  Berdasarkan kartu Induk pertama kali diuji pada tanggal 31 Oktober 2017, dan uji berkala pertama kali dilakukan pada 04 Mei 2018 dengan masa uji sampai tanggal 04 November 2018.

Secara administrasi bus dalam keadaan memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. Dan hasil pemeriksaan di lapangan terhadap roda kondisi sepatu rem masih baik.(helmi)