Angkasa Pura 2

Balkondes Tegal Arum, Bukti Kepedulian Angkasa Pura II pada Pariwisata

Bandara Destinasi Ekonomi & BisnisSabtu, 8 September 2018
IMG-20180908-WA0006

IMG-20180908-WA0005

MAGELANG (BeritaTrans.com) – Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin meresmikan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tegal Arum, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Ini merupakan wujud bukti kepedulian dan komit Angkasa Pura II hadir untuk negeri melalui dukungan upaya peningkatan ekonomi di pedesaan.

“Hadirnya Balkondes ini merupakan langkah awal bagi warga Desa Tegalarum menunjukkan potensi-potensi lokal yang dapat meningkatkan perekonomian warga setempat. Ini juga dukungan kepada pemerintah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman yang ditargetkan mencapai 20 juta pada tahun 2019,” papar Awaluddin di Magelang, Jumat (7/9/2018).

PT Angkasa Pura II (Persero) melalui unit Community Development Center turut berpartisipasi dalam program tersebut. Turut hadir dalam acara ini Direktur Keuangan Angkasa Pura II, Camat Borobudur, Lurah, dan Masyarakat Tegal Arum serta para travel agent.

Dalam pembangunan yang dimulai April 2018, Angkasa Pura II melibatkan warga sekitar untuk penyelesaian Balkondes Tegal Arum.

Tema yang diusung dalam pembangunan Balkondes ini adalah “Saka Pitu” yang merupakan falsafah hidup bagi manusia.
Saka Pitu terdiri dari dua kata, Saka dan Pitu. Saka berarti tiang yang melambangkan pendirian teguh bagi masyarakat Jawa dalam menjalankan kehidupan.

Sedangkan Pitu berarti tujuh yang mengandung makna tujuh tuntunan dan nasihat bagi masyarakat Jawa (Pitutur, Pituwas, Pituhu, Pituduh, Pitungan, Pituna, Pitulungan).

“Balkondes Tegal Arum diproyeksikan akan menjadi digital village heritage atau digital heritage homestay, yakni sebagi kompleks desa wisata yg memadukan teknologi digital dengan keunikan suasana pedesaan dalam berbagi kegiatan budaya, kesenian, UMKM, pendidikan dan agro wisata,” pungkas Awaluddin. (omy)