Angkasa Pura 2

Puncak Sail Moyo Tambora 2018 Diramaikan 13 Kapal di Pelabuhan Badas

DermagaSabtu, 8 September 2018
IMG-20180908-WA0042

IMG-20180908-WA0043

SUMBAWA (BeritaTrans.com) – Sebanyak 13 unit kapal turut meramaikan puncak Sail Moyo Tambora 2018 yang akan dilaksanakan di Pelabuhan Badas, Sumbawa, esok hari (9/9/2018).

“Dari 13 kapal tersebut, tujuh unit bersandar di dermaga Pelabuhan Badas dan sisanya lego jangkar di perairan Pelabuhan Badas,” jelas Plt. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Wisnu Handoko di Sumbawa, Sabtu (8/9/2018) malam.

Tujuh unit kapal yang bersandar di Dermaga Pelabuhan Badas, dua kapal TNI yaitu KRI Soeharso dan kapal KRI Teluk Bintuni serta empat kapal milik Kementerian Perhubungan yaitu Kapal patroli KNP. Grantin, KN. Nusa Penida, Kapal latih Bung Tomo, kapal latih Sultan Hasanuddin dan satu unit kapal Logistik Nusantara 4 milik PT. Pelni.

Kapal yang lego jangkar di perairan Pelabuhan Badas yaitu KRI Teluk Bintuni milik TNI AL, kapal Kementerian Perhubungan yang terdiri dari Kapal Patroli KNP. 5113 Benete, KNP. 5482 Bima, KNP. 345 Lembar, Kapal AL Lembar, Kapal AL Belongas serta 1 unit kapal Basarnas yaitu KN. SAR Mataram.

“Masing-masing kapal telah siap untuk meramaikan acara besok dan juga ikut mengisi acara seperti yang dilakukan kapal KRI Suharso, melaksanakan bakti sosial pengobatan gratis melalui operasi Bakti Surya Baskara Jaya 67,” ujar Capt. Wisnu.

Kapal latih Bung Tomo dari Politeknik Pelayaran Surabaya di bawah Badan Pengembangan SDM Perhubungan ikut berpartisipasi dengan mengangkut Tim Drumband sekitar 100 Taruna Pelayaran.

Sementara itu, Kapal Latih Sultan Hasanuddin milik Politeknik Pelayaran Makassar dibawah Badan Pengembangan SDM Perhubungan berpartisipasi dengan mengangkut sekitar 70 orang taruna pelayaran.

Untuk kapal KRI Bintuni juga telah berpartisipasi dengan membawa anggota Pramuka dari berbagai provinsi di Indonesia yang tergabung dalam kegiatan pelayaran Nusantara.

“Dengan digelarnya Sail Moyo Tambora 2018 di Sumbawa diharapkan bisa mendorong promosi potensi wisata di pulau Sumbawa, NTB, sekaligus menjadi ajang sinergitas antarKementerian dan Lembaga dalam mendukung dan mensukseskan suatu event yang berskala internasional,” tutur Capt. Wisnu.

Sebagai informasi, penyelenggaraan Sail Moyo Tambora 2018 dilaksanakan pada tanggal 9-23 September 2018 di Pulau Sumbawa, yang merupakan satu dari 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Adapun Launching kegiatan Sail Moyo Tambora 2018 telah dilaksanakan di Jakarta pada 15 Juli 2018 yang menampilkan Parade Budaya Lombok Sumbawa. (omy)

loading...