Angkasa Pura 2

Kemenhub Gelar Diklat bagi Nakhoda dan Kru Kapal di Pelabuhan Kaliadem

Dermaga SDMSenin, 10 September 2018
IMG-20180910-WA0013

IMG-20180910-WA0014

JAKARTA (BeritaTrans.com) -Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat Kali Adem tahun 2018 di pelabuhan Kali adem Muara Angke, Jakarta Utara, Senin (10/9/2018).

Acara dibuka Direktur Pekapalan dan Kepelautan Dwi Budi Sutrisno dihadiri juga Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Junaidi, dan Dishub Provinsi DKI Jakarta serta para Kepala Kantor di wilayah UPT Jakarta.

Diklat pemberdayaan masyarakat untuk kapal perikanan maupun kapal tradisional pengangkut penumpang dengan SKK 30/60 Dek maupun mesin.

“Peserta akan diberikan pendidikan BST (Basic Safety Training), SKK 30-60, dan Fire fighting (penanggulangan kebakaran di atas kapal),” jelas Dwi Budi.

Melalui diklat ini, diharapkan para Nahkoda dan crew kapal akan bisa lebih profesional dan bisa menjaga keamanan, keselamatan di atas kapalnya masing-masing.

Semua pihak sebagai operator atau awak kapal agar dapat menjadikan Pelabuhan Kali Adem ini menjadi sarana transportasi yang berkeselamatan.

Diklat ini diselenggarakan selama empat hari dan semua crew kapal akan mendapatkan sertifikat yang berguna saat melakukan pelayaran.

“Semua kapal ini harus laik laut dan semua crew harus memiliki sertifikat,” kata dia.

Dwi Budi menambahkan bahwa kedepannya melakukan penegakan hukum di laut.

“Kapal mana yang tidak memenuhi syarat kita akan langsung tindak,” ujarnya. (omy)